SALAM PAPUA (TIMIKA) - Angelina Magal, peserta beasiswa Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), yang menempuh pendidikan di SMAS Katolik Villanova Manokwari, berhasil meraih medali emas pada ajang World Invention Competition & Exhibition (WICE) tahun 2024 di Malaysia.

Kompetisi WICE 2024 sendiri digelar mulai 21 - 26 September 2024 di MAHSA University Malaysia. Angelina Magal merupakan siswi asli Suku Amungme angkatan pertama, dalam peserta program beasiswa YPMAK yang merupakan pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia (PTFI).

Kepala SMAS Katolik Villanova Manokwari, Pater Stevanus Alo, OSA menjelaskan, Angelina Magal dan beberapa siswa di Manokwari mengikuti kompetisi sains internasional di MAHSA University Malaysia dan mendapatkan mendali. Kompetisi ini merupakan program yang lahir dari Yayasan Sejahtera Indonesia Barokah (YISB), kemudian dari YISB dibentuk organisasi dengan nama “Terang Papua”.

“Nah dari Terang Papua tiap tahunya memiliki Program Olimpiade Internasional, sehingga untuk mengikuti olimpiade WICE, siswa SMA se-Manokwari mengikuti seleksi dari tanggal 12-16 April. Kami dari Villanova Manokwari mengikutkan 5 anak kami, namun yang berhasil lolos seleksi untuk WICE 2 anak, dan 2 anak akan mengikuti kompetisi di Bali,” ujarnya saat dihubungi salampapua.com, Minggu (29/9/2024).

Lanjutnya, 2 siswa yang dinyatakan lulus yaitu Angelina Magal dan Edgar Baskoro Patiselanno, dan selanjutnya Angelina Magal bersama siswa lainnya membentuk satu tim dengan personel 5 orang.

Selanjutnya tim mendapatkan bimbingan dari April hingga September, untuk membuat karya Ilmiah dengan Judul 'OPFIT' (Gelatin Cladding based optical fiber sensor for detection of microplastic concentration in seawater). Dimana pada kompetisi tersebut Tim Angelina Magal, membuat satu produk alat Microplastik, yakni mengukur konsentrasi mikroplastik di air kemudian dites di Pulau Lemon, Manokwari.

“Karya Ilmiah OPFIT inilah yang diuji di WICE, namun sebelumnya mereka diuji kesiapan materi OPFITnya oleh beberapa Profesor di Surabaya pada tanggal 16-19 September, dan pada tanggal 20 September kami terbang ke Malaysia. Kemudian 21-23 September tim kembali mempersentasikan OPFIT di depan juri WICE,” jelasnya.

Setelah presentasi, kata Pater, atas perjuangan Angelina Magal bersama tim, bisa meraih medali emas, penghargaan dari MICA Award. Pihaknya sangat mengapresiasi perjuangan Angelina Magal dan Tim Papua Bisa Manokwari, yang telah mengharumkan Tanah Papua di ajang kompetisi WICE 2024 di Malaysia.

“Puji Tuhan atas perjuangan, pada tanggal 25 September diumumkan mereka bisa mendapatkan medali emas, dan juga MICA Award. Dalam kompetisi tersebut diikuti secara offline oleh 18 Negara, dan ada beberapa Negara mengikuti secara online,” ungkapnya.

 Selanjutnya, Angela Magal mengatakan bahwa dirinya sangat bahagia dan bangga dengan hasil yang diterima dirinya bersama tim. Melalui perolehan medali emas ini, dirinya semakin bersemangat untuk meraih cita-cita.

"Saya senang karena mendapatkan kesempatan ini. Lewat SMAS Katolik Villanova, saya mendapatkan pengalaman yang sungguh berharga," kata Angelina Magal.

Kata dia, dirinya bercita-cita sebagai dokter dan ini akan diwujudkan dengan sungguh-sungguh dan terus belajar giat. Ia juga berterimakasih kepada semua pihak atas kesempatan yang diberikan kepada dirinya.

"Terimakasih kepada Pater, SMAS Katolik Vilanova Manokwari, YISB, Terang Papua Manokwari, Pak Yasin Wijaya Sebagai Ketua YISB, Pak Budi Santoso, M.Pd sebagai pendamping Karya ilmiah, Para Pastor, Suster, bapak Ibu guru di sekolah tercinta SMAS Katolik Villanova dan teristimewa kepada PT Freeport Indonesia, YPMAK, dan SATP Timika tempat SMP saya," ungkapnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi