SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kelompok Kerja (Pokja) Kampung Amamapare, Distrik Mimika Timur Jauh periode 2023 yang merupakan binaan Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), selaku pengelola Dana Kemitraan PT Freeport Indonesia telah melakukan beberapa program Pokja.

Kepala Pokja Amamapare 2023, Adolof Amoromaiyaro mengatakan, di tahun 2023, Pokja melakukan program pembaikan jembatan, pembelian perahu fiber, pembangunan kios kampung, pembersihan kampung, dan pembelian jaring bagi nelayan.

“Semua program dikerjakan oleh masyarakat. Jadi kita bayar masyarakat juga untuk melakukan pekerjaan, untuk pembangunan. Kios kampung dulu berjalan, tapi masyarakat berhutang sampai kios tidak bisa berjalan karena modal habis,” ujarnya saat Tim YPMAK melakukan monitoring di Kampung Amamapare, Rabu, (18/9/2024).

Kepala Kampung Amamapare, Pakundus Natipia mengatakan, Pokja yang berjalan dari YPMAK merupakan program yang sangat membantu masyarakat dan pemerintah desa, maka diharapkan masyarakat ikut membantu dalam menjalankan program.

“Saya harap Pokja kerjakan program yang baik, sebab semua pekerjaan akan dipantau sehingga apabila ada kesalahan, maka YPMAK berhak memberhentikan anggarannya. Jadi saya harap Pokja bersama masyarakat saling membantu, masyarakat harus saling mendukung,” ujarnya.

Sementara itu, Staf Divisi Ekonomi, Febri Sianipar mengatakan, YPMAK memberikan anggaran Pokja sebagai penguat ekonomi agar kampung mandiri. Maka diharapkan masyarakat mendukung penuh Pokja dan pemerintah kampung, sebab masyarakatlah yang memilih ketua.

“Usaha ini harus dijaga bersama, bukan Pokja jalankan tapi masyarakat hutang lalu tidak dibayar. Ini yang salah, memang kios namanya milik Pokja namun dari hasil itu bisa diputar oleh Pokja, bukan masyarakat hutang hingga kios tutup,” ungkap Febri.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi