SALAM PAPUA (TIMIKA) - Tujuh bangunan kios dan satu warung Bakso di depan Koramil 1710-03/Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, hangus terbakar sekira pukul 17.42 WIT, Jumat (20/9/2024).

Salah satu pemilik kios Ahmad Taufik (42) yang juga menjadi korban mengungkapkan bahwa saat kejadian dirinya sementara melayani pengunjung di kios, tapi tiba-tiba salah seorang anaknya memberitahu satu unit mobil Avanza milik tetangganya terbakar.

Ia pun bergegas melihat ke arah mobil yang terbakar, kemudian setelah melihat adanya kobaran api, ia langsung menyelamatkan istri, anak-anak dan surat-surat berharga.

"Saya sementara melayani pembeli tapi tiba-tiba anak saya teriak bahwa ada mobil warga terbakar di bagian belakang. Saya keluar dan lihat memang ada api yang menyala kecil dari dalam mobil itu dan di dekat mobil itu ada pemiliknya. Saya hanya bisa selamatkan keluarga saya saja," ungkapnya.

Warga lainnya menyebutkan bahwa pemilik mobil yang terbakar adalah Sugeni. Sugeni terpaksa dilarikan ke RSMM Caritas karena terkena semburan api yang bersumber dari dalam mobil.

"Tadi ada anggota TNI yang bantu pak Sugeni ke RSMM Caritas, kami belum sempat lihat bagian tubuh mana saja yang terbakar," ujar seorang warga yang tidak ingin namanya dipublish.

Disebutkan, meski banyak warga yang berupaya memadamkan api, namun kobaran api sangat cepat merambat ke bagian dalam seluruh kios hingga ke atap. Api mulai mereda setelah kurang lebih enam unit mobil pemadam kebakaran tiba di TKP.

"Ada tujuh yang merupakan petakan kios dan satu yang jualan bakso," katanya.

Pantauan salampapua.com, hingga pukul 19.40 WIT, bara api masih bersarang dalam puing bangunan, sedangkan puluhan warga masih memadati lokasi sekitar bangunan yang terbakar.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy