SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kampung Ohotya, Distrik Mimika Timur Jauh, Kabupaten Mimika, Papua Tengah memiliki patung Tuhan Yesus setinggi 3 meter.

Tokoh masyarakat Ohotya, Daniel Bipoaro mengatakan, patung Yesus dengan tinggi 3 meter lebih itu, yang ada di Ohotya didatangkan dari Surabaya ke Timika. Selanjutnya patung diboyong menggunakan 2 speed dari Timika ke Ohotya.

“Pengerjaan Patung dilakukan di Surabaya memakan waktu 6 bulan, dan kita di Ohotya mempersiapkan lahan penancapan salib selama 1 tahun, mulai dari pembersihan lahan hingga tempat penancapan,” ujarnya kepada Salampapua.com, Kamis (19/9/2024).

Ia menjelaskan, penancapan salib dilakukan pada Oktober 2022 pada saat Bulan Bunda Maria. Penancapan salib tersebut melibatkan 5 kampung di Mimika Timur Jauh yaitu, Kampung Fanamo, Omawita, Ohotya, Amamapare dan Ayuka.

“Selain melibatkan masyarakat 5 kampung, kami juga melibatkan banyak pihak, mulai dari PTFI sebagai pemberi anggaran, YPMAK membantu semua perlengkapan dan pihak keuskupan,” jelasnya.

Menurutnya, tempat penancapan salib ini akan digunakan masyarakat sebagai wilayah suci, yang digunakan saat ada acara adat dan kegiatan keagamaan seperti Paskah.

“Saat Paskah kita lakukan Prosesi Jalan Salib dan berakhir di tempat penancapan Patung Tuhan Yesus ini. Tempat ini merupakan kebanggan kami di kampung,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi