SALAM PAPUA (TIMIKA) - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Mimika Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Mimika menggelar berbagai perlombaan olahraga. Kepala Disparbudpora Mimika, Jacob Jantje Toisuta mengatakan, untuk menyambut HUT Mimika ke-28 yang jatuh pada 8 Oktober 2024, pihaknya menggelar berbagai perlombaan olahraga.

“Untuk menyambut HUT Mimika, kami mengelar beberapa perlombaan, ada beberapa perlombaan yang kita percepat penyelengara nya karena kalau kita lakukan di awal Bulan Oktober. Waktu perlombaan sangat mepet sekali,” ujar Yoppi saat ditemui pada pertandingan sepak bola kaki di Lapangan Wania Imipi, SP 1, Sabtu (28/9/2024).

Jacob menjelaskan, perlomban yang dilakukan pada event ini yaitu Cabang Olaraga (Cabor) sepak bola kaki, futsal, panjat tebing dan voli. Untuk Cabor sepak bola, futsal dan voli telah dimulai.

“Untuk sepak bola kaki, kita libatkan SMA, SMK, Madrasah terdiri dari 16 tim putra dan putri 8 tim. Sedangkan untuk tim voli kategori umum, terdiri dari putra 32 tim, voli putri 20 tim, dan hari ini kita mulai jalankan lombanya,” jelasnya.

Lanjutnya kata Jacob, untuk panjat tebing akan dilangsungkan pada 3 Oktober 2024, dan saat ini sedang dalam proses pendaftaran. Rencananya event yang sama akan digelar ditahun berikutnya namun akan ada penambahan beberapa Cabor lagi seperti  Cabor dayung, marathon, bulu tangkis,  basket dan panahan.

“Panjat tebing saya belum lihat berapa jumlah pesertanya, karena nanti perlombaannya dilakukan diawal bulan. Selanjutnya juga kita akan lakukan event dengan penambahan Cabor,” pungkas Jacob.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi