SALAM PAPUA (TIMIKA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika menggelar Rakor Terkait Masukan/Tanggapan Masyarakat dan Rekapitulasi Serta Penetapan DPT Tingkat Kabupaten Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Kabupeten Mimika 2024, di Hotel Horison Diana, Rabu (18/9/2024).

Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Mimika, Budiono Muchie menyampaikan, target yang ingin dicapai dalam rakor ini, bisa mengkonsolidasikan tanggapan masyarakat atas tahapan-tahapan yang telah dilaksanakan, serta kendala-kendala yang ada di tingkat distrik, serta terkait kepastian lokasi TPS khusus (Lokus).

"Jadi melalui Rakor ini kita pastikan setiap tanggapan masyarakat itu bisa terselesaikan, sebelum tetapkan DPT yang rencananya dilaksanakan pada 20 September," kata Budiono.

Sejauh ini, telah ada tiga distrik yang warganya sampaikan tanggapan terkait data yang tidak valid, NIK terdaftar di kabupaten dandDistrik lain. Ada juga yang NIK tidak ditemukan di data Kemendagri. Selain itu, ada juga tanggapan dari Paslon yang mengeluh, bahwa jumlah DPS di tingkat distrik dan di tingkat kabupaten, sehingga melalui Rakor ini bisa disinkronisasikan.

"Itu tanggapan-tanggapan yang hari ini disampaikan oleh para PPD. Untuk yang sama sekali NIK belum terdaftar, bisa kami akomodir dengan cara membantu mendaftarkannya," ujarnya dalam Rakor yang dihadiri oleh seluruh Ketua PPD dan Ketua RT ini.

Yang paling penting dalam tanggapan masyarakat ini menurut Budiono, bagaimana seluruh masyarakat bisa memastikan dirinya telah terdaftar sebagai DPS berdasarkan TPS masing-masing. Dengan demikian, setiap tanggapan yang disampaikan masyarakat ke PPD, akan langsung ditindaklanjuti oleh KPU.

"Tanggapan masyarakat yang dimaksud ialah untuk memastikan, bahwa seluruh warga bisa menyalurkan hak suaranya pada Pilkada," jelasnya.

Dalam tahapan menjaring tanggapan masyarakat ini, yang harusnya lebih aktif ialah masyarakat itu sendiri, karena hak harus diperjuangkan.

"Kita berharap masyarakat harus aktif supaya bisa salurkan hak suaranya untuk memilih Paslon Bupati dan Wakil Bupati, serta Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pilkada tahun ini," tutupnya.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi