SALAM PAPUA (JAYAPURA)- Jembatan Youtefa merupakan tonggak sejarah di Papua, yang bukan hanya sebagai simbol pemersatu Indonesia sebagai bangsa, tetapi juga sumpah membangun tanah Papua. Papua harus maju seperti wilayah lainnya di Indonesia," sebuah pernyataan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada saat peresmian Jembatan Youtefa.

Melihat pentingnya peran Jembatan Youtefa bagi masyarakat Papua, berikut ini kami telah rangkum beberapa fakta mengenai Jembatan Youtefa yang Anda harus ketahui. Bagi orang yang sudah pernah ke Jayapura, Papua, jembatan ini sudah pasti dikunjungi karena tidak sah rasanya ke Jayapura, tanpa mengunjungi dan berswafoto di jembatan berwarna merah ini.

Berikut 5 Fakta Unik Jembatan Youtefa:

 1. Merupakan Jembatan Terpanjang di Papua

Jembatan yang menelan anggaran konstruksi mencapai 1,8 Triliun Rupiah ini rupanya sukses menjadi jembatan terpanpang di Papua, jembatan yang memiliki total panjang 11,6 kilometer ini terdiri dari atas 433 bentang tengah, 900 meter jembatan pendekat sisi Youtefa, 320 meter jalan pendekat sisi Hamadi, dan 9,950 meter jalan akses.

Keberadaan Jembatan Youtefa tentu sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Papua, sebab kini, perjalanan menuju dari Kota Jayapura ke Distrik Muara Tami dan PLBN Skouw hanya 15 menit saja dari yang sebelumnya selama 1 jam perjalanan.

2. Jembatan Youtefa Sebagai Ikon Baru Kota Jayapura

Dengan didapuknya Jembatan Youtefa sebagai jembatan terpanjang di Papua, otomatis juga menjadikan jembatan tersebut sebagai ikon baru Kota Jayapura dan kebanggaan masyarakat Jayapura. Jembatan yang pengerjaannya rampung pada tahun 2015 silam ini berhasil menyabet rekor MURI sebagai jembatan rangka baja utuh dengan pengiriman jarak terjauh dan pemasangan jembatan rangka baja dengan bentuk utuh terpanjang.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat meresmikan Jembatan Youtefa menyampaikan bahwa kehadiran Jembatan Youtefa adalah tonggak sejarah di Papua sebagai pemersatu bangsa serta merupakan sebuah sumpah dalam membangun tanah Papua.

3. Menelan Biaya yang Tidak Sedikit

Dengan panjang jembatan yang mencapai 11,6 kilometer tentunya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit dalam pengerjaannya, tercatat total anggaran pembangunan Jembatan Youtefa menelan biaya sebanyak 1,8 Triliun Rupiah. Pembangunan Jembatan Youtefa juga melibatkan setidaknya tiga perusahaan kontraktor yaitu PT Pembangunan Perumahan Persero Tbk, PT Hutama Karya Persero, dan PT Nindya Karya Persero.

4. Semula Bukan Bernama Jembatan Youtefa

Perlu Anda ketahui, sebelum memiliki nama Jembatan Youtefa, jembatan ini bernama Jembatan Holtekamp. Namun, atas permintaan masyarakat sekitar, maka perubahan menjadi Jembatan Youtefa terjadi. Hal ini disebabkan oleh letak Jembatan Youtefa yang persis berada di atas Teluk Youtefa.

5. Jembatan Youtefa Dilengkapi Dengan Sistem Pencahayaan yang Canggih

Sukses menjadi ikon baru Kota Jayapura, Jembatan Youtefa juga dilengkapi dengan sistem pencahayaan yang cukup canggih yang disebut dengan intelligent color lighting, hal ini membuat pencahayaan Jembatan Youtefa dapat diprogram dan dikendalikan sesuai dengan kebutuhan.

Fleksibilitas pencahayaan Jembatan Youtefa terdiri dari pengaturan segi warna, tingkat kecerahan, pemrograman, dan lain sebagainya. Teknologi intelligent color lighting dapat menghasilkan 16 juta kombinasi warna cahaya yang dihasilkan dari 29 unit lampu ReachElite Powercore dan dikombinasikan dengan Vaya Flood RGB Medium Power sebanyak 125 unit.

6. Mendorong Berkembangnya Kawasan Wisata Air

Dengan lokasi yang tepat berada di atas Teluk Youtefa, Pemerintah Daerah setempat merencanakan untuk menjadikan area di sekitar jembatan sebagai kawasan wisata air, hal ini tak lepas dari pemandangan teluk dan perbukitan di sekitarnya, bahkan pada pelaksanaan PON 2020 Papua, Jembatan Youtefa digunakan sebagai venue dayung PON 2020 Papua. (discovers.id)

Editor: Sianturi