SALAM PAPUA (TIMIKA) - Sejak tahun 2022 lalu, Mama Magdalena Walten Iri mencoba mengubah tambelo atau cacing khas Papua dari pohon bakau menjadi cemilan kerupuk yang sehat.

“Saya lihat kalau udang, kepiting dan yang lainnya bisa dijadikan cemilan, kenapa kita punya makan khas tidak bisa jadi cemilan yang enak. Dan ternyata saat saya mencoba buat tahun 2022, cemilan kerupuk Tambelo ini sangat enak dan disukai orang,” ujarnya saat menjajakan cemilan tambelo pada acara peringatan HUT Mimika ke-28 di Puspem SP 3, Selasa, (8/10/2024).

Ia menjelaskan, dalam pengerjaannya kerupuk tambelo masih dilakukan dengan cara manual. Mulai dari pembersihan tambelo dengan membuang kepala dan gigi, hingga dikeringkan dan dijadikan kerupuk.

“Semua saya kerjakan manual. Untuk penjualan, saya jual masih di rumah kemudian saya jual online juga. Sementara kami kelompok pembuatan kerupuk tambelo ini, masih menunggu penyerahan rumah produksi dari Dinas Koperasi. Jadi kalau sudah ada kita bisa jualan di sana,” jelas Magdalena.

Ia mengungkapkan, cemilan tambelo ini sudah dijajakan keluar Mimika. Mulai dari Padang, Batam hingga ke Jakarta. Untuk masa kedaluwarsanya bisa sampai satu tahun untuk kerupuk mentahnya.

“Kalau ke Jakarta itu ulang-ulang saya kirim. Berkat bantuan Pemkab Mimika juga, kerupuk tambelo ini bisa dikenal di berbagai kota, sebab diperkenalkan lewat kegiatan-kegiatan nasional,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk harga kerupuk tambelo 25 gram Rp 20 ribu, 50 gram Rp 30 ribu, sedangkan untuk stick tambelo 50 gram Rp 20 ribu. Untuk nama cemilan ini Magdalena menamakan Iwana yang dalam bahasa Kamoro artinya Enak.

“Tiap bulan itu saya bisa produksi 10 kg, dan saya biasanya beli tambelo di Kokonao. Kalau kosong di Kokonao saya beli di Mioko, dan puji Tuhan untungnya masih bisa saya putar kembali,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Hewan dengan nama internasional: Wood Boring - shipworm memiliki banyak kandungan nutrisi. Berdasarkan penelitian dari national Conference on the Humanites and social sciences, Tambele mengandung rata-rata, Karbohidrat 55,75%, Protein 10.60%, Lemak 3.90%, Kadar Air 13.50%, Kandungan Abu 16.17%.

Tambelo juga dipercaya sebagai obat. Tambelo dipercaya bisa menyembuhkan, sakit pinggang, reumatik, malaria, batuk dan flu, meningkatkan air susu ibu, meningkatkan nafsu makan dan kejantanan laki-laki.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi