SALAM PAPUA (TIMIKA) - Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP) Timika yang merupakan binaan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) menggelar lomba seni, budaya dan bahasa (Sebaya).

Kegiatan ini untuk memperingati peringatan Bulan Bahasa, dan dibuka secara resmi oleh Wakil Direktur Program dan Monev YPMAK, Nur Ihfa Karupukaro yang ditandai pemukulan tifa di Hall Room SATP Timika, Jalan Soponyono Timika, Rabu (16/10/2024).

Nur Ihfa Karupukaro sangat mengapresiasi SATP atas penyelenggaraan Lomba Sebaya, yang melibatkan semua SD dan SMP di Timika dalam rangka memperingati Bulan Bahasa.

“Sebelumnya SATP hanya menyelenggarakan lomba di lingkut SATP saja, namun saat ini dibuka secara umum, dan ini sangat membuat kami bangga SATP bisa merangkul anak-anak Nusantara,” ujarnya.

Menurutnya, kalah dan menang merupakan hal biasa dalam perlombaan, namun dengan bersatunya anak-anak dalam perlombaan, maka momen ini ajang saling menggenal satu sama lainnya.

“Semua yang ikut lomba sudah menjadi pemenang karena terpilih dalam perlombaan ini. Saya harap semua yang ikut lomba bisa semangat dan menjalankan lomba dengan sukacita,” harapnya.

Sementara itu, Kepala SATP Timika Johana Tnunay mengatakan, kegiatan Bulan Bahasa ini dilakukan di SATP setiap tahunnya, dan menjadi program unggulan untuk menanamkan sikap nasionalisme kepada anak-anak.

“Tahun 2024 kita buka untuk umum, sebab di Mimika belum ada panggung untuk mengembangkan bakat anak-anak. Sehingga kita bersama teman-teman sekolah lain melihat dan mewujudkan pendidikan bermutu, di mana tidak hanya akademik saja, tetapi juga non akademik untuk mengembangkan potensi anak didik,” ucapnya.

Ia menjelaskan, sudah ada 20 SD dan 20 SMP yang ikut ambil bagian dalam mengikuti perlombaan dalam rangka Bulan Bahasa yang diselenggarakan SATP. Selanjutnya, untuk sekolah yang menang akan tampil di puncak perayaan pada tanggal 28 Oktober 2024.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PTFI dan YPMAK yang selalu men-support kami dalam berbagai program,” pungkasnya.

Perlu diketahui, perlombaan yang digelar antara lain, tutur cerita, musikalis puisi, melukis dan solo vocal yang diselenggarakan mulai tanggal 16 hingga 18 Oktober 2024.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi