SALAM PAPUA (TIMIKA) - Forum Pelanggan dan Tonsumen Telkom
dan Telkomsel Mimika menyampaikan 11 poin pernyataan sikap terkait masalah
gangguan jaringan internet yang sudah berlangsung sejak pertengahan Agustus
hingga September 2025 di Timika.
Hal ini disampaikan dalam konfrensi pers yang digelar di
salah satu Warkop di Jalan Kartini Timika, kabupaten Mimika, Papua Tengah Rabu
(10/9/2025). Berikut pernyataan sikap yang dibacakan oleh perwakilan Forum Pelanggan
dan Konsumen Telkom dan Telkomsel Mimika Zadrak Rayar.
1. Telkom- Telkomsel Timika segera benahi jaringan internet
(wifi/jaringan seluler), segera aktifkan jaringan internet baik melalui
indihome maupun paket internet seluler.
2. Merealisasikan segera kompensasi atau pergantian
pembayaran indihome dan perpanjangan kuota internet seluruh pelanggang tanpa
terkecuali.
3. Pihak Telkom-Tekomsel Timika segera menyampaikan
permohonan maaf kepada seluruh pelanggan melalui nomor kontak masing-masing
(tidak hanya melalui media) dan melalui pengeras suara mobiling ke seluruh
penjuru Kota Timika.
Sedangkan salah seorang pelanggan lainnya, Ridwan Razad yang
membacakan poin 4 hingga 7 dianataranya:
4. Sebagai bentuk tanggungjawab moral terhadap pelanggan,
Telkom-Telkomsel menyiapkan atau menyediakan starling untuk pelanggan untuk
mendapatkan akses internet di lokasi atau tempat keramaian bukan di kantor atau
instansi tertentu saja.
5. Mempresentasikan realisasi atau program Program CSR PT
Telkom dan Telkomsel terhadap masyarakat dan lingkungannya sebagai salah satu
tanggungjawab dari perusahaan BUMN milik pemerintah.
6. Memperbaiki layanan service dan respon cepat terhadap
laporan gangguan bagi pelanggan Indihome yang mengalami masalah gangguan
jaringan internet.
7. Mempermudah dan meningkatkan service pelanggan Telkomsel
terhadap gangguan atau masalah pelanggan di Grapari Timika, yang selama ini
banyak dikeluhkan pelanggan.
Sedangkan Netty Ngamelubun yang juga mewakil pelanggan
membacakan poin pernyataan sikap dari 8 sampai 11 diantaranya:
8. Melakukan rasionalisasi terhadap standar harga paket
seluler dan tarif pembayaran indihome yang terkesan memberatkan pelanggan,
karena sesungguhnya Tekom dan Telkomsel adalah perusahaan milik negara.
Artinya, tidak hanya memikirkan meraup keuntungan saja, tapi bagaimana
perusahaan milik negara hadir melalui perusahaan BUMN (seperti Tekom-Telkomsel)
hadir dalam memberikan pelayanan terbaik dari pemerintah.
9. Mendesak Menteri BUMN RI Erick Thohir segera melakukan
restrukturisasi terhadap pimpinan pimpinan Telkom-Telkomsel dari tingkat pusat-wilayah
sampai di kabupaten, termasuk mengevaluasi Kepala Telkom Timika dan Kepala Cabang
Telkomsel Timika yang dianggap tidak berhasil dalam melakulan service dan
pelayanan secara baik terhadap pelanggan.
10. Mempertanyakan ketegasan Pemerintah Daerah dan DPRD soal
kondisi yang dialami masyarkat Mimika akibat dampak dari masalah internet di
Tmika yang terjadi selama ini. Begitu juga terhadap kinerja pelayanan dan
service seluruh masyarakat Mimika yang notabene adalah pelanggan dan konsumen
Telkom-Telkomsel Timika.
11. Apabila pernyataan sikap ini tidak diindahkan, maka kami
pelanggan dan konsumen akan melakukan aksi demo ke kantor pemerintahan, DPRK
dan kantor Telkom dan Telkomsel Timika.
“Kami mewakili seluruh pelanggan dan konsumen serta seluruh
masyarakat kabupaten Mimika yang turut merasakan dampak atau akibat masalah
internet di Timika yang sudah terjadi kurang lebih dua bulan sejak Agustus
hingga September 2025, berharap secepatnya normal kembali,” tegasnya.
Forum Pelanggan dan Konsumen Telkom dan Telkomsel berharap
ada respon cepat dan memberikan jawaban terhadap pernyataan sikap yang
disampaikan.
Selain itu, forum juga meminta agar pemerintah pusat,
pemerintah provinsi maupun pemerintah Kabupaten Mimika untuk memberikan ruang
seluas-luasnya kepada perusahaan seluler (Proveder) lainnya selain Telkomsel,
untuk mengembangkan operasi usahanya di Kabupaten Mimika dan Provinsi Papua
Tengah, sehingga ada kompetitor.
Perlu diketahui, 11 Pernyataan Sikap yang telah disampaikan
dari Forum Pelanggan dan Konsumen Telkom dan Telkomsel Timika, selanjutnya akan
disampaikan diteruskan atau diserahkan langsung ke PT Telkom dan Telkomsel.
Penulis: Evita
Editor: Sianturi