SALAM PAPUA (TIMIKA) – PT Freeport Indonesia (PTFI) secara resmi menutup Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (BK3N) tahun 2023, yang diselenggarakan di highland wilayah operasi PTFI tepatnya di Sporthall Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Minggu siang (12/3/2023).

BK3N PTFI untuk tahun 2023 ini mengangkat tema “Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja.”

Ketua BK3N PTFI 2023, Suharto Sitorus pada acara penutupan melaporkan bahwa pada tahun 2023 ini, untuk pertama kalinya PTFI turut mengambil bagian dalam BK3N selama 2 bulan mulai dari 12 Januari 2023 sampai 12 Maret 2023.

“BK3N tahun 2023 merupakan momentum yang tepat untuk kita bersama dapat meningkatkan komitmen, kesadaran dan kepatuhan terhadap norma-norma dan persyaratan hukum K3 seluruh aspek operasional PTFI. Karena itu sejak bulan Januari, BK3N dilaksanakan dengan melibatkan manajemen PTFI, serikat pekerja dan serikat buruh, karyawan PTFI dan keluarga, serta akademisi untuk memastikan terciptanya wadah inovasi dan kreativitas dalam era digital serta mendorong munculnya ide-ide baru dalam penerapan budaya kerja yang aman dan terus mendukung perilaku berbasis keselamatan secara berkelanjutan,” ujarnya.

Suharto mengungkapkan, ada sekitar 20 kegiatan yang dilaksanakan PTFI selama 2 bulan pada BK3N 2023, baik di lowland maupun di highland.

“Secara garis besar, kegiatan yang bersifat strategis di antaranya pembukaan BK3N, positive communication antara manajemen PTFI dengan para safety champion dari berbagai divisi, bersama dengan Kementerian ESDM mengadakan webinar sesuai tema BK3N 2023 serta untuk memperkuat kualitas karyawan dalam meningkatkan program-program K3 di perusahaan, dan workshop tentang change leader development programme yang bekerjasama dengan Rumah Perubahan Reinald Gazali. Untuk kegiatan yang bersifat promotif di antaranya adalah kampanye pencegahan kebakaran non tambang, safety motorcycle riding di lowland, keselamatan alat bergerak, bahaya penggunaan obat-obatan terlarang, seminar dan survei psychological first aid, serta program yang baru diinisiasi pada tahun 2023 ini tentang seminar kesehatan pekerja tambang wanita. Kegiatan yang bersifat implementatif di antaranya adalah incident protocol presentation, safety initiative fatality prevention, safety race, serta festival keselamatan (safety expo) dimana setiap peserta akan menampilkan pembelajaran dan inisiatif perbaikan yang dilakukan terhadap kecelakaan beresiko tinggi yang pernah terjadi dengan harapan dapat digunakan sebagai media komunikasi dan pembelajaran bersama,” ungkapnya.

Sementara itu, Director – EVP Human Resouces PTFI, Clementino Lamury dalam sambutannya mengatakan atas nama manajemen menyampaikan puji syukur PTFI dapat melalui BK3N 2023 dengan baik dan juga memberikan apresiasi kepada panitia BK3N PTFI 2023 yang telah melakukan serangkaian kegiatan seputar K3. Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh karyawan PTFI dan kontraktor-kontraktor mitra PTFI yang telah terlibat dalam menyukseskan BK3N tahun 2023 ini.

“Bahwasanya safety itu bukan saja hanya pada masa BK3N, tapi kita perlu melaksanakan K3 secara terus menerus dalam kegiatan sehari-hari pada saat bekerja untuk perusahaan ini. Kami atas nama manajemen juga mengajak seluruh karyawan untuk terus melakukan inovasi-inovasi dan continuous improvement sehingga kita bisa terus menjaga keselamatan kerja dan terus meningkatkan produktivitas di perusahaan kita,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Mimika, Paulus Yanengga dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemkab Mimika memberikan apresiasi kepada PTFI yang telah melaksanakan BK3N tahun 2023 selama dua bulan.

Di samping itu, Pemkab Mimika berharap PTFI terus mendorong terciptanya tempat kerja yang aman, nyaman, efisien, dan produktif dengan mengedepankan budaya K3.

“Sesuai dengan Motto Kabupaten Mimika yakni Bersama, Bersatu, Bersaudara untuk Membangun Kabupaten Mimika. Dengan demikian kami berharap seluruh elemen agar bersatu, membangun dan melaksanakan K3 di area tempat kerja kita masing-masing,” tuturnya.

Pantauan salampapua.com saat hadir langsung pada penutupan BK3N PTFI 2023 tersebut, kegiatan tersebut juga dihadiri KTT dan EVP Site Operation PTFI Carl Tauran, EVP Operations PTFI George Banini, manajemen, dan karyawan PTFI, serta para karyawan kontraktor di lingkungan PTFI.

Pada acara penutupan ini dirangkaikan dengan kegiatan safety expo dimana terdapat stand dari masing-masing Divisi dan kontraktor di lingkungan PTFI yang mempresentasikan tentang K3, termasuk juga adanya presentasi materi dari beberapa Divisi dan kontraktor terkait topik keselamatan kerja. Acara pun semakin meriah dan peserta terlihat semakin antusias saat adanya begitu banyak doorprize dan performance dari Jikustik, Papuakustik, Komustra Band, YPJ Band, dan lain-lain. (Adv)

Penulis: Jimmy