SALAM PAPUA (TIMIKA) - Distrik Mimika Baru (Miru) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Distrik dalam rangka pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023, yang diselenggarakan di Hotel Grand Tembaga Timika, Selasa (14/3/2023).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh anggota DPRD Mimika Dapil I dan II, Perwakilan Bappeda Mimika, Perwakilan Pimpinan OPD terkait, sebelas Kelurahan dan tiga Kampung di wilayah Distrik Miru, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, perwakilan dari Puskesmas-Puskesmas di Wilayah Distrik Miru, guru-guru dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Paulus Dumais, mewakili Plt Bupati Mimika Johannes Rettob.

Paulus dalam sambutan Plt Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan, untuk membangun suatu daerah, yang paling utama dicermati adalah perencanaan yang perlu dilakukan dengan baik.

“Dana memang menjadi suatu hal vital, tetapi perencanaan itu harus lebih vital. Berbagai usulan pada Musrenbang kali ini diharapkan dapat disetujui oleh Bappeda untuk menjadi program di tingkat Distrik yang sejalan dengan Visi-Misi Bupati dan Wakil Bupati Mimika,” harapnya.

Sementara itu, tim dari Asistensi Bappeda Kabupaten Mimika, Sekretaris Bappeda Yosep Manggasa menjelaskan bahwa Musrenbang merupakan forum musyawarah untuk memutuskan program prioritas yang diserap dari kampung atau kelurahan hingga ke Distrik dan disinergikan dengan Kabupaten melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

“Hendaknya Musrenbang ini mampu memahami subtansi kewenangan sehingga bisa menjadi contoh bagi Distrik-Distrik yang lain di Mimika,” ujarnya.

Yosep mengatakan, usulan-usulan yang disampaikan nantinya akan diinput ke Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

“Usulan yang kami verifikasi ada 977 usulan dari 1436 usulan yang diberikan dari 11 Kelurahan dan 3 Kampung. Untuk SIPD pun kami dari Bappeda yang akan mengarahkan, tapi ke depannya Distrik yang akan mengoperasikan secara mandiri,” tuturnya.

Program-program yang banyak diusulkan menurut dia adalah pendidikan, kesehatan, ekonomi, keagamaan, dan budaya.

“Saya berharap usulan-usulan diinput paling lampat tanggal 17 Maret 2023. Jadi setelah diinput, kami akan memverifikasi lagi dan akan kita usulkan ke tingkat daerah,” tutupnya.

Musrenbang tersebut diakhiri dengan penandatangan Berita Acara Pengesahan Hasil Musrenbang Tingkat Distrik Mimika Baru oleh Kepala Distrik Mimika Baru Dedi Paokuma, Anggota DPRD Mimika Herman Gafur dan Sekretaris Bappeda Yosep Manggasa.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy