SALAM PAPUA (TIMIKA) - Menjelang Ramadhan tahun 2023, harga ayam potong lokal di Pasar Central Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, mulai merangkak naik lantaran permintaan konsumen meningkat.

“Kalau mau Ramadhan memang ayam lokal harganya naik, kan kebutuhannya meningkat,” ujar pedagang ayam potong lokal, Zubaida, Sabtu (18/3/2023).

Kenaikan harga ayam potong lokal itu mencapai Rp 60 ribu per ekor sampai Rp 80 ribu per ekor. Harga ini juga dinilai jauh lebih tinggi ketimbang harga ayam potong lokal sebelumnya yang hanya berkisar Rp 50 ribu per ekor.

“Memang harganya dari peternak ayam potong lokal sdh Rp 55 ribu per ekor jadi otomatis kita juga kasih naik. Sebelumnya kita masih jual Rp 50 ribu per ekor karena dari peternak masih murah,” ujarnya.

Sementara pedagang ayam lokal lainnya, Ani juga menyebutkan, kenaikan harga ini sejak seminggu terakhir. Naiknya harga ayam potong lokal itu juga akan kembali melonjak drastis akibat kebutuhan menjelang puasa.

“Biasanya kalau sudah puasa naik lagi harganya, kan kebutuhan meningkat. Seperti tahun lalu harganya melonjak,” tegasnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy