Foto bersama usai pelantikan (Foto:salampapua.com/Evita)

SALAM PAPUA (TIMIKA) – H. Slamet Sutedjo resmi dilantik sebagai Ketua Pengurus Daerah (PD) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Mimika, yang dilaksanakan di Hotel Horison Ultima Timika, Sabtu (18/3/2023).

Pelantikan Ketua tersebut berdasarkan SK Kepengurusan PD IPHI Kabupaten Mimika Periode 2023-2027 dengan Nomor : 02/SKEP/PW-IPHI/III 2023, dan dilantik oleh Ketua Pimpinan Wilayah IPHI Provinsi Papua, H. Sarminanto.

Dalam sambutannya, H. Slamet Sutedjo mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Mimika, kepada Kantor Kementerian Agama Mimika, dan Ketua PW IPHI Provinsi Papua yang telah mempercayakan dirinya sebagai Ketua PD IPHI Kabupaten Mimika.

“Mudah-mudahan perjalanan ini mengawali kita semua untuk bisa berkiprah lebih baik, membawa organisasi ini lebih maju ke depan. Mohon bimbingannya, mohon diingatkan kalau terlalu kencang, begitu juga kalau loyo-loyo tolong ditegur,” harap pria yang menjabat sebagai Kepala Dinas Dukcapil Mimika ini.

Menurut Slamet, calon Jamaah Haji yang berangkat dari Kabupaten Mimika sebetulnya ialah duta-duta bangsa dan negara.

“200 orang yang dari Mimika akan berangkat menunaikan ibadah haji, ya dua ratus itulah duta negara yang kita kirimkan ke tanah Suci Arab, ke Mekkah dan Madinah,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, selama ini mindset di Pemerintah bahwa orang Haji itu “mampu” semua, namun tidak seratus persen benar.

“Kadang banyak juga tukang sayur naik haji, kita yang kaya tidak bisa pergi haji. Banyak yang kadang tukang ojek Allah takdirkan bisa pergi haji, sementara tetangganya yang kaya raya belum diizinkan pergi haji. Sejatinya itu adalah panggilan dari Allah SWT,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Pimpinan Wilayah IPHI Provinsi Papua H. Sarminanto dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus yang baru dan berharap dapat menjalankan tugas dengan baik. Selain itu, IPHI Kabupaten Mimika dapat bergandengan dengan Organisasi Kemasyarakatan yang lain.

“Saya harap IPHI di Mimika sanggup bergandengan tangan dengan Ormas lain. Jangan cuma rukun di Umat Islam tapi tidak dengan umat lain, sehingga saling menghargai, menghormati, melindungi. Dengan hadirnya IPHI di Mimika jadi tolak ukur keberkahan. Kalau sudah bicara akhirat yang ada hanya kebaikan dan berani mengalah untuk kemaslahatan,” ujarnya.

IPHI juga diminta untuk selalu bermitra dengan Pemerintah, dengan menjadikan Pemerintah sebagai mitra kerja.

“Pemerintah sebagai mitra kerja kita, kita tidak bisa berbuat banyak tanpa pemerintah. Organisasi IPHI harus hidup. Tugasmu merangkul para haji, tugas kita untuk menuntun menjadi haji mabrur sepanjang hayat,” harapnya.

Sedangkan mewakili Plt Bupati Mimika Johannes Rettob, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Septinus Timang dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini IPHI Mimika telah memiliki kepengurusan yang sah.

“Kami berharap dalam pelaksanaan program kerja akan jadi hal penting dan tentunya bagaimana tugas bisa berjalan dengan lancar. Mereka yang terpilih hari ini yang mau bekerja. Kami berharap dapat bersinergi dengan pemerintah daerah. Pengurus IPHI dapat menghasilkan keputusan yang baik,” ujarnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy