SALAM PAPUA (TIMIKA) - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Mimika Tahun 2024 secara resmi ditutup oleh Plt Bupati Mimika Johannes Rettob yang diwakili oleh Pj Sekda Mimika Petrus Yumte, Rabu (5/4/2023).

Musrenbang ini ditutup dengan penandatanganan berita acara hasil kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Mimika Tahun 2024 sebagai program-program prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.

Kepala Bappeda Mimika, Yohana Paliling dalam laporannya pada kegiatan penutupan tersebut mengungkapkan, setelah melaksanakan Musrenbang RKPD Mimika tahun 2024 yang berlangsung selama tiga hari ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika akhirnya menyetujui jumlah program kegiatan sebanyak 260, jumlah kegiatan 2.357 dan jumlah sub kegiatan 2.313 dengan total pagu anggaran sebesar Rp 5.216.060.833.534.

"Ini hasil yang kami baru update dari sistem dan merupakan hasil rasionalisasi selama 3 hari dengan semua OPD yang kami sampaikan saat itu di Ranwal (Rancangan awal) pembukaan RKPD dan Ranwal Musrenbang bahwa Renja yang terinput hampir Rp 7 Triliun dan kita rasionalisasi di tiga hari ini menjadi Rp 5,2 Triliun," ungkapnya.

Sementara itu, Pj Sekda Mimika Petrus Yumte dalam sambutan Plt Bupati Mimika Johannes Rettob, mengatakan bahwa persoalan pokok yang dihadapi dalam perencanaan pembangunan terletak pada proses menentukan pilihan program atau kegiatan prioritas.

Pemerintah Kabupaten Mimika telah mengambil langkah strategis yakni dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah untuk tahun anggaran 2024, melalui tahapan dan mekanisme yang telah digariskan dalam undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan dan peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2008 tentang tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah melalui proses perencanaan yang menggunakan aplikasi SIPD-RI seperti yang diamanatkan oleh Permendagri 70 tahun 2019.

"Saya harap program dan kegiatan yang telah disepakati merupakan kebutuhan masyarakat yang akan dikelola oleh OPD. Untuk itu, maka pada kesempatan ini saya selaku pimpinan daerah Kabupaten Mimika menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat yang telah menyumbangkan pikiran dalam perumusan perencanaan pembangunan tahun 2024," ujar Petrus Yumte saat membacakan sambutan Plt Bupati Mimika Johannes Rettob.

Oleh karena itu, menjadi catatan kepada Bappeda dan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Kabupaten Mimika untuk secara koordinatif melakukan penyempurnaan dan penajaman terutama pada target indikator kinerja program kegiatan yang diusulkan harus sinkron dengan indikator yang tertuang dalam RPJMD Mimika dan Renstra OPD.

"Agar dapat menghasilkan dokumen rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun anggaran 2024 yang aspiratif dan representatif," tutupnya.

Wartawan : Evita

Editor: Jimmy