SALAM PAPUA (TIMIKA) – Gempa bumi bermagnitudo 5,0 mengguncang wilayah Mimika pada pukul 18.26 WIT, Minggu (2/4/2023).

Dalam rilis yang diterima salampapua.com, Kepala Balai Besar MKG Wilayah V Papua, Yustus Rumakiek mengatakan bahwa berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukan gempa bumi memiliki parameter kekuatan M 4.5 Episenter. Letak gempa terjadi pada jarak 59 Km di Timur Laut Mimika, dengan kedalaman 13 Km.

“Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal dengan mekanisme sumber oblique-thrust diduga akibat aktivitas sesar di Lajur Anjak Pegunungan Tengah," ujar Yustus.

Gempa bumi dirasakan oleh masyarakat di daerah Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, dengan skala intensitas II MMI, dimana getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, dan menghindari bangunan yang retak atau rusak karena gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy