SALAM PAPUA (TIMIKA) – Dinyatakan lulus 100 persen, 295 siswa SMKN 3 Mimika hanya bisa merayakan kelulusan di dalam lingkungan sekolah karena dilarang menggelar konvoi keliling kota Timika.

Kepala SMKN 3 Mimika, Jhon Lemauk mengatakan bahwa beberapa hari sebelum diumumkannya kelulusan, pihaknya telah melakukan pertemuan dan kesepakatan dengan seluruh siswa dan orang tua agar tidak melakukan aksi konvoi di jalan. Jika ternyata ada siswa yang melakukan konvoi, maka ijazahnya akan ditahan.

“Kami sudah sepakat bersama semua orang tua dan siswa untuk tidak konvoi. Mereka hanya boleh rayakan dalam kompleks sekolah. Kalau ada yang konvoi di jalan, maka ijazahnya ditahan,” ungkap Jhon saat ditemui salampapua.com, Jumat (5/5/2023).

Menurut Jhon, kesepakatan tersebut dilakukan dengan harapan agar setiap siswa dapat menjaga nama baik almamater sekolahnya. Dia juga berharap agar siswa yang lulus dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi supaya bisa kembali dan mengabdi melayani masyarakat di Mimika.

“Yang diusulkan untuk ikuti UN sebanyak 298 tapi ada 3 siswa yang tidak ikuti ujian. Jadi yang ikut ujian hanya 295 dan semuanya lulus. Berarti lulus 100 persen,” ungkap Kepsek yang juga sebagai Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA/SMK di Kabupaten Mimika ini.

Dia menambahkan, penerimaan siswa baru akan mulai dibuka pada 10 Juni 2023 mendatang.

“Panitia penerimaan siswa baru sudah dibentuk dan akan mulai dibuka tanggal 10 Juni,” katanya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy