SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika, Antonius Welerubun mengatakan bahwa tahun 2023 pihaknya akan membangun tempat Reefer Container di lahan Poumako dengan luas setengah hektar untuk meningkatkan PAD.

Reefer Container biasa disebut sebuah jenis container kargo yang dilengkapi dengan sistem pendingin dan pengatur suhu yang dirancang untuk mengangkut barang-barang yang memerlukan suhu tertentu dan dikendalikan untuk mempertahankan suhu dan kelembapan yang tepat selama pengiriman,

"Jadi kita menyiapkan sarana prasarana di pelabuhan Poumako, salah satunya adalah Reefer Container, dan sekarang dalam tahap perencanaan," kata Antonius saat diwawancara di ruang kerjanya, Jumat (12/5/2023).

Dia mengungkapkan, alasan disiapkan Reefer Container tersebut karena pembongkaran ikan selama ini dilakukan di muara (kolam), sehingga dengan adanya kontainer tersebut, sudah bisa bongkar di darat dan tetap membuat ikan dalam suhu yang aman.

"Selain itu juga, supaya kita dalam kontrol dan pengawasannya lebih baik lagi. Karena di kolam selama ini agak sedikit sulit. Kami juga telah melakukan studi banding ke Probolinggo guna melihat langsung lokasi Reefer Container untuk dijadikan contoh," jelasnya.

Dia mengaku, Reefer Container merupakan salah satu program prioritas tahun ini dengan total alokasi anggaran sebesar Rp 5 Miliar.

"Kenapa kita buat begitu, untuk mengantisipasi air pasang agar kita bisa dengan mudah pindahkan jika terjadi air pasang," tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy