SALAM PAPUA (TIMIKA) - Anggota Komisi C DPRD Mimika, Leonardus Kocu menyoroti kinerja Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Mimika saat ini yang belum memberi perhatian dan solusi bagi persoalan pendidikan di wilayah pesisir dan pedalaman Mimika.

“Kita jangan tertipu dengan program-program kecil yang dicetuskan oleh Kadisdik saat ini. Lihat saja sekolah yang ada di Kaokonao, sarana dan prasananya sangat tidak memandai dan anak-anak tidak nyaman belajar,” ujarnya.

Menurut pria yang akrab disapa Leo Kocu ini bahwa kondisi seperti itu harusnya menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pendidikan sebagai pengguna anggaran yang begitu besar. Sarana dan Prasarana pendidikan di Distrik-Distrik yang sulit dijangkau bahkan jauh lebih buruk dari yang dialami di wilayah Kaokonao. Bahkan sampai saat ini manajemen di Sentra Pendidikan Timika belum dapat dibenahi, padalah tempatnya berdekatan dengan kantor Disdik.

Permasalahan pendidikan seperti itu dari waktu ke waktu tidak kunjung ada penyelesaian yang membuat masyarakat pun menyuarakan buruknya sistem pendidikan di Mimika.

Untuk itu dia meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) agar tidak hanya membuat program-program kecil dan banyak berbicara di media untuk pencitraan semata, tapi sesegera mungkin memperhatikan realitas pendidikan di wilayah pesisir dan pedalaman Mimika.

“Jangan buat program kecil hanya untuk pencitraan, tetapi lihat sarana dan prasarana pendidikan di wilayah yang sulit dijangkau seperti apa saat ini? Anggaran Disdik yang besar dikemanakan saja?” tegas Ketua Fraksi Perindo tersebut.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy