SALAM PAPUA (TIMIKA) - Tumpukan sampah plastik hasil limbah rumah tangga terlihat menumpuk di beberapa titik Jalan kota Timika.

Sampah tersebut sepertinya sengaja dibuang warga dipinggir jalan dengan alasan supaya bisa diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH), namun nyatanya justru mengganggu keindahan kota karena sampah menumpuk di trotoar jalan.

Plt Kepala DLH Kabupaten Mimika, Jefri Deda mengatakan bahwa pihaknya setiap hari terus menyisir jalan-jalan di kota Timika demi menjaga kebersihan Kota.

Dia pun membenarkan masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan di trotoar jalan.

“Memang masih banyak warga buang sampah di trotoar, kebanyakan keluhannya Tempat Penampungan (sampah) Sementara (TPS) terlalu jauh,” ujarnya, Senin (3/7/2023).

Dia mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi di media sosial hingga ke tingkat RT serta memberikan solusi mengenai persoalan sampah di pusat kota, yakni dengan menyiapkan sebuah truk pengangkut sampah di Jalan Yos Sudarso Timika yang diberlakukan mulai pukul 06.00 WIT hingga 08.00 WIT pagi.

Menurutnya, tingkat kesadaran dan pola kebiasaan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih rendah, hal itu yang membuat masih banyak dijumpai sampah menggunung di pusat kota.

“Saya heran juga warga ini, kita sudah sosialisasikan tapi tidak ada kesadaran. Kita mau tindak lanjut itu bukan kewenangan kami, Satpol PP yang harus menindak langsung warga-warga yang buang sampah sembarangan,” tuturnya.

Jefri menjelaskan, TPS di Kelurahan bukan menjadi tanggung jawab DLH melainkan Kelurahan itu sendiri, sehingga penempatan TPS juga harus ditentukan oleh pihak Pemerintah Kelurahan. DLH hanya memastikan mengangkat sampah di setiap sudut Kota Timika.

“Kalau kami yang menentukan titik TPS pasti banyak lagi penolakan dari warga, sehingga kita selalu mengimbau kepada pihak Kelurahan untuk menentukan titik TPS. Di hutan sekalipun kita tetap angkat kalau ada koordinasi, tapi kenyataannya Kelurahan juga tidak menyediakan TPS,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy