SALAM PAPUA (TIMIKA) - Wujud kepedulian dalam meningkatkan kesehatan Lansia di wilayah  pedalaman, personel Pos Tsinga Satgas Yonif R 631/Atg bersinergi dengan Tim Medis Puskesmas Tsinga memberikan layanan kesehatan secara gratis di Desa Beanekogom, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Senin (3/7/2023).

Danpos Tsinga, Letda Inf Alam Sugianto dalam rilisnya kepada salampapua.com menjelaskan, layanan kesehatan dilakukan dengan cara mendatangi rumah salah satu Lansia yaitu Bapak Sekregome Uamang. Hal ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan Lansia yang sehat, berkualitas dan produktif di masa tuanya.

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan dan memberikan obat, personel Satgas Tsinga dan tim medis juga secara bersama-sama membersihkan lingkungan tempat tinggal lansia, membersihkan tempat tidur hingga memandikan lansia dimaksud.

"Pelayanan kesehatan bagi Lansia bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan lanjut usia yang berkualitas melalui penyediaan sarana pelayanan kesehatan yang ramah bagi Lansia untuk mencapai Lansia yang berdaya guna bagi keluarga dan masyarakat," jelasnya.

Sementara Paman Agung sebagai perwakilan tim Medis Puskesmas Tsinga mengungkapkan bahwa kehidupan Lansia selalu dipersepsikan negatif di lingkungan masyarakat sehingga dianggap tidak memberikan manfaat bagi keluarga dan masyarakat. Persepsi ini tentunya berdampak pada kesejahteraan hidup Lansia dan tidak dapat beradaptasi di masa tuanya.

Adapun pola khusus dalam melayani Lansia yaitu tetap menerapkan prosedur, sopan dan sentuhan kasih sehingga dapat mengurangi resiko penyakit.

 "Kami Tim Medis dari Puskesmas Tsinga bersama anggota TNI di Pos Tsinga terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang baik, sopan dan berkualitas," tuturnya.

Wartawan: Acik

Editor: Jimmy