SALAM PAPUA (TIMIKA) – Demi terciptanya pelayanan publik yang adil, transparan dan akuntabel, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika menggelar Forum Konsultasi Publik, di Hotel Horison Ultima Timika, Jumat (14/7/2023).

Penjabat (Pj) Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito saat membuka kegiatan mengatakan bahwa persoalan data kependudukan menjadi hal yang sangat krusial untuk memberikan arah kebijakan agar tepat sasaran, sehingga data-data harus akurat.

“Sekarang ini kan semua sektor memerlukan data kependudukan yang akurat. Apabila masyarakat memiliki data kependudukan yang tidak akurat maka masyarakat tidak akan mendapatkan layanan di setiap sektor,” ujarnya.

Lebih lanjut Valentinus mengungkapkan bahwa pemerintah pusat sangat mendukung dan memberikan perhatian lebih terhadap pembuatan data kependudukan di Papua, sehingga forum ini diharapkan bisa menilai sejauhmana pemerintah Kabupaten Mimika menangani data kependudukan.

“Saya berharap forum ini bukan saja uji publik apa saja yang dilakukan Pemerintah Daerah, tetapi bisa menjadikan masukan bagi pemerintah apa saja yang bisa ditambahkan sehingga data kependudukan menjadi akurat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Mimika, Slamet Sutedjo mengatakan bahwa Forum Konsultasi Publik ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan demi mendapat masukan dari para stakeholder terkait administrasi kependudukan.

“Pelayanan Adminduk kepada masyarakat harus diurus mulai dari lahir sampai meninggal. Untuk itu kita sama-sama memberikan masukan dan evaluasi kinerja Kependudukan, begitu pun terkait dengan pelayanan harus bisa terintegrasi dengan semua instansi,” ujarnya.

Ia menggungkapkan, Pemkab Mimika melalui Disdukcapil berkomitmen terus memberikan pelayanan publik yang terbaik kepada masyarakat. 

Di samping itu, menurut Dia, Disdukcapil mencatat data Penduduk di Kabupaten Mimika sampai saat ini berjumlah 312.387 orang.

“Pelayanan kami tidak tersentral di kantor Disdukcapil tapi sekarang sudah terdistribusi sampai di tujuh Distrik sehingga masyarakat tidak sulit mendapat dokumen kependudukan. Melalui kerjasama dengan semua sektor bisa memajukan pembangunan dan melayani masyarakat,” tuturnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy