SALAM PAPUA (TIMIKA) – Sulitnya jalur transportasi, terbatasnya fasilitas kesehatan (Faskes), dan tidak adanya tenaga kesehatan (Nakes) menyebabkan masyarakat di Distrik Dal, Kabupaten Nduga tidak terlayani.

Memang ada Puskesmas yang terletak di distrik Mbau, namun jangkaunnya sangat jauh dan harus berjalan kaki melewati gunung dan lembah hingga 4 jam.

Menyikapi kondisi ini, Pos Dal Satgas Yonif Para Raider 433/JS melaksanakan pelayanan pengobatan secara gratis bagi masyarakat yang mengalami sakit biasa ataupun kritis di daerah tersebut.

“Masyarakat Dal bingung untuk mendapatkan layanan  pengobatan, makanya kami Pos Dal melayani pengobatan gratis dan melibatkan tenaga kesehatan yang memang terlatih,” ungkap Danpos Dal, Satgas Yonif Para Raider 433/JS, Lettu Inf Bara Warna Putra kepada salampapua.com, Rabu (26/7/2023).

Layanan kesehatan gratis dilakukan bagi bayi, balita, orang dewasa hingga Lansia meliputi pemeriksaan kesehatan pernapasan, pengobatan  batuk, pilek serta pengobatan luka akibat infeksi ataupun luka akibat kecelakaan saat bekerja di kebun. Dijelaskan bahwa pelayanan ini disambut baik oleh seluruh masyarakat.

“Hal-hal positif serta kesan yang baik disertai jiwa tulus dan ikhlas terus diterapkan oleh Prajurit karena Satgas Yonif Para Raider 433/JS dalam rangka melaksanakan tugas dan membantu masyarakat setempat,” tuturnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy