SALAM PAPUA (TIMIKA) – PT Freeport Indonesia (PTFI), BNN Kabupaten (BNNK) Mimika, dan Polres Mimika menyambangi Politeknik Amamapare Timika dalam menyampaikan materi di hari kedua pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2023/2024, yang digelar di Kampus 1 Politeknik Amamapare Timika jalan Celcius Heatubun, Kwamki, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Rabu (16/8/2023).

Dalam pemaparan materi tentang dunia kerja dan dunia industri, Vice President Community Relations PTFI, Engel Enoch,S.T,MBA mengungkapkan bahwa dunia kerja membutuhkan pekerja yang memiliki skill, knowledge dan character yang unggul. Tiga hal tersebut harus dimiliki secara utuh, tanpa ada satu pun yang diabaikan.

“Secara khususnya di PT Freeport Indonesia, seorang pekerja harus memiliki kemampuan (skill) dan pengetahuan (knowledge) yang sesuai dengan bidang kerja yang dibutuhkan di area operasi. Hal terpenting lainnya, yang juga harus dimiliki bersama dengan dua hal di atas adalah karakter (character) atau sikap. Untuk itu mahasiswa harus memiliki ketiga hal tersebut secara unggul agar nantinya bisa menjadi seorang yang mampu bersaing untuk menjadi yang terbaik,” ujarnya.

Di samping itu, pada sesi dengan BNN Kabupaten (BNNK) Mimika, Kasubag Umum dan Koordinator rehabilitasi BNNK Mimika, Ruslan Awumbas,S.Si,M.Kes secara khusus membahas tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di lingkungan kampus.

“Kita tahu bersama bahwa Mimika menjadi salah satu daerah yang menjadi sasaran empuk para pengedar narkotika. Ada banyak kasus yang diungkap dan telah banyak para pelaku yang diamankan, bahkan di dalamnya para pemuda-remaja adalah pengguna dan/atau pelaku peredaran narkotika yang relatif paling banyak di daerah ini. Untuk itu diharapkan Kampus turut mendukung dan berpartisipasi aktif dengan berkolaborasi bersama BNN dalam upaya P4GN demi menciptakan generasi muda yang bebas dari Narkoba dan sebagai generasi penerus bangsa,” ungkapnya.

Sementara dari pihak Polres Mimika, Kasat Binmas Iptu Paulus Randeratu,S.E dan Kanit 4 Intelkam Aiptu Riyanto,S.H memaparkan terkait materi Pencegahan dan penanggulangan intoleransi, radikalisme, terorisme dan penyebaran paham-paham yang bertentangan dengan ideologi Negara.

Pada kesempatan itu, Direktur Politeknik Amamapare Timika, Ir. Herman Dumatubun,S.T,M.T menyampaikan terima kasihnya kepada PTFI, BNNK Mimika, dan Polres Mimika yang telah bersedia berkunjung ke kampus Politeknik Amamapare Timika dalam menjelaskan materi-materi yang sangat berharga dan bermanfaat kepada Mahasiswa Baru T.A. 2023/2024.

“Kami berharap setelah penyampaian materi dari para narasumber tersebut dapat membekali mahasiswa baru untuk kemudian mampu menjadi mahasiswa yang aktif, kreatif, inovatif dan siap belajar sesuai bidang Prodinya di kampus Politeknik Amamapare Timika. Mahasiswa juga diharapkan memiliki komitmen untuk selalu menghindarkan dirinya hal-hal yang merugikan seperti jeratan Narkoba, intoleransi, radikalisme, terorisme, dan paham-paham yang bertentangan dengan ideologi Negara. Selain itu, mahasiswa juga memiliki semangat dan memotivasi diri untuk menempuh proses pendidikannya di sini secara serius untuk mencapai keunggulan dalam skill, knowledge dan attitude-nya sehingga siap pakai dan siap bekerja di dunia kerja nantinya,” tuturnya.

Wartawan/Editor: JR