SALAM PAPUA (TIMIKA) - Coach Golf Rimba Irian Mimika, Arifin Sabillah mengatakan bahwa hanya satu dari enam atlet Golf asal Kabupaten Mimika mewakili Provinsi Papua yang lolos babak kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024.

“Saat BK PON kami membawa enam atlet namun hanya satu yang berhasil masuk dalam BK atas nama Musa Rumbiak dan akan bertanding di PON XXI membawa nama Papua,” ujarnya kepada salampapua.com saat dihubungi via telepon, Rabu (30/8/2023).

Arifin menambahkan, hanya dari Mimika yang mengirim atlet Golf untuk membawa nama Provinsi Papua saat mengikuti BK PON.

“Kami sudah undang atlet Jayapura untuk seleksi namun tidak ada yang datang, jadi hanya Mimika yang membawa nama Papua,” tambahnya.

Dia berharap ke depannya KONI Provinsi Papua bisa lebih memperhatikan dan mendukung atlet Mimika yang membawa nama Provinsi Papua.

“Kemarin kan yang membantu kita dari PT Freeport Indonesia dan Pemkab Mimika. Semoga ke depannya dari Provinsi Papua bisa memberikan dukungannya,” harapnya.

Sementara itu Arifin mengungkapkan, Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua yakni Provinsi Papua Tengah, Papua Selatan dan Papua Pegunungan mendapatkan wildcard, dimana dapat mengutus atlet untuk mewakili provinsi DOB tersebut pada PON XXI 2024 tanpa melalui babak kualifikasi.

Untuk itu pihaknya sedang mengurus agar 2 dari 5 atlet Golf asal Kabupaten Mimika yang tersisa yang tidak lolos BK seperti yang dimaksud di atas untuk mewakili Provinsi Papua Tengah pada PON XXI 2024, yakni atlet putri atas nama Ruth Oce Serafina Kapisa dan atlet putra Noach R. Kabei.

“Provinsi pemekaran tidak mengikuti BK. Kami sedang memperjuangkan dua atlet untuk membawa nama Papua Tengah menggunakan wildcard,” ungkapnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy