SALAM PAPUA (TIMIKA) – Bertepatan dengan HUT ke-78 RI, Kamis (17/8/2023), bangunan Perpustakaan SMAN 1 di Kampung Jago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak hangus dibakar sekelompok OTK yang diduga KKB pimpinan Titus Murib alias KKB Kepala Air.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo dalam rilisnya, Jumat (18/8/2023), menjelaskan bahwa informasi peristiwa tersebut pertama kali diterima melalui  Personel Satgas Kopasgat Yonko 468/Sarotama Pos 25 Bandara Aminggaru dengan saluran komunikasi Channel HT Jajaran TNI-Polri Ilaga. Informasi diperkuat dengan adanya asap tebal yang membubung bersumber dari kompleks SMAN 1.

“Bangunan itu terbakar akibat aksi KKB pimpinan Titus Murib yang juga terkenal dengan nama KKB Kepala Air,” jelasnya.

Aparat keamanan gabungan TNI-Polri Ilaga pun langsung meluncur menggunakan 2 unit kendaraan roda empat jenis Rantis dan Truk menuju lokasi kejadian. Bunyi tembakan dari arah belakang SMAN 1 Ilaga sempat terdengar saat aparat gabungan berupaya melakukan pemadaman api.

“Sempat melakukan tembakan balasan tapi  aparat keamanan  TNI-Polri tidak melakukan pengejaran dikarenakan hal tersebut diindikasi merupakan pancingan dari KKB," terangnya.

Hingga saat ini TNI-Polri tetap siaga 1 guna mengantisipasi gangguan susulan yang akan dilakukan KKB. Tidak hanya mengawasi situasi secara aktif, Aparat Keamanan TNI-Polri juga telah melaksanakan tindakan pencegahan. Mereka berupaya mencegah aksi gangguan keamanan susulan yang mungkin dilakukan oleh Kelompok KKB Puncak, dengan tujuan melindungi keamanan personel dan aset negara.

“Dugaan motif pembakaran yaitu sengaja mengganggu stabilitas keamanan di wilayah Kabupaten Puncak dan saat momentum peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia,” tutupnya.

Wartawan: Acik

Editor: Jimmy