SALAM PAPUA (TIMIKA) – Bupati Kabupaten Asmat, Elisa Kambu mengimbau seluruh masyarakatnya agar selalu memantau  informasi cuaca yang dikeluarkan Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) sebelum melakukan perjalanan laut.

Elisa mengatakan bahwa hingga sekarang telah banyak korban jiwa akibat kecelakaan laut di wilayah Asmat. Hal ini diakibatkan kelalaian masyarakat yang berani melakukan perjalanan tanpa   mempertimbangkan cuaca buruk.

“Saya minta supaya masyarakat ikuti apa yang diinformasikan BMKG. Selama ini yang jadi korban Laka laut itu merupakan masyarakat. Mereka kecelakaan saat melakukan perjalanan jauh dari Distrik menuju Kota/Kabupaten ataupun perjalanan ke luar Asmat. Yang menjadi faktor utamanya karena kelalaian,” ungkap Elisa kepada salampapua.com melalui sambungan telepon, Selasa (22/8/2023).

Dia mengingatkan masyarakat untuk memastikan adanya alat keselamatan yang memadai jika hendak melakukan perjalanan.

Sementara itu, Elisa juga menyampaikan terkait urusan tapal batal antar Asmat dan beberapa Kabupaten sekitar telah tuntas tanpa adanya konflik. Beberapa Kabupaten yang berbatasan dengan Asmat ialah Mimika, Yahukimo, Nduga, Boven Digoel, dan Mappi.

“Puji Tuhan persoalan tapal batas itu sudah saya tuntaskan selama masa kepemimpinan saya. Urusan tapal batas itu diselesaikan beberapa tahun lalu tanpa adanya konflik dan difasilitasi Kemendagri,” ujarnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy