SALAM PAPUA (TIMIKA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mimika akan melakukan pendataan lengkap untuk Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PL-KUMKM) tahun 2023 di Kabupaten Mimika.

Kepala BPS Kabupaten Mimika, Ouceu Satyadipura mengatakan, tujuan utama dari kegiatan pendataan lengkap ini adalah untuk mendapatkan profil data Koperasi dan UMKM yang bergerak di berbagai aktivitas usaha, kecuali usaha pertanian, sehingga mempercepat proses pembangunan data tunggal Koperasi dan UMKM di Indonesia.

“Ini sebenarnya kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), namun pada tahun 2022 Kemenkop UKM mendapat banyak permasalahan saat turun langsung mendata ke masyarakat,” ujarnya.

Kesulitan yang dialami Kemenkop UKM saat mendata adalah pada konsep definisi, kuesioner yang ditujukan kepada masyarakat, dan juga hasil yang kurang maksimal.

“Oleh karena itulah pada bulan Maret 2022 Kemenkop UKM bersama BPS RI menandatangani nota kesepakatan untuk penyediaan pemanfaatan data informasi seluruh pelaku usaha atau perusahaan skala usaha mikro, kecil dan menengah yang ada di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Untuk pendataan di Kabupaten Mimika ini, sebanyak 200 petugas direkrut. Petugas-petugas tersebut mengikuti pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Horison Ultima, Rabu (6/9/2023).

Ouceu berharap, para petugas tersebut dapat mengikuti pelatihan dengan maksimal dan mampu memahami seluruh konsep definisi berdasarkan pedoman yang diajarkan.

“Dan saya berharap untuk masyarakat Mimika yang memiliki UMKM dapat memberikan data yang baik dan sebenar-benarnya kepada petugas,” tuturnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy