SALAM PAPUA (TIMIKA) – SMK Pusat Keunggulan (PK) Hermon Timika kembali mendapatkan kepercayaan untuk kedua kalinya dari pemerintah pusat melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) untuk memberikan bantuan PK lanjutan tahap dua belajar berupa workshop.

Kepala  Sekolah SMK PK Hermon Timika, Apolos Asmuruf menyampaikan bahwa workshop tersebut terdiri dari beberapa kegiatan, di antaranya penyelarasan berbasis dunia kerja dan juga komunitas belajar. Workshop ini sangat penting karena berupa penguatan dari mitra pemerintah dan juga mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi) dari PT Sucofindo dan PT Explorasi Nusa Jaya serta dilanjutkan dengan pemerintah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika.

"Workshop yang dilakukan ini adalah guru dipersiapkan dan implementasinya kepada sistem pembelajaran yang dilakukan kepada siswa. Ini sangat penting karena beberapa hal yang dikerjakan akan termuat dalam kurikulum berbasis industri dan guru-guru juga akan diberikan penguatan oleh pemerintah,” ungkapnya, Selasa (5/9/2023).

Disampaikan, jumlah guru yang diikutsertakan sebanyak 19 orang dengan pemateri sebanyak 3 orang, sehingga total yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 21 orang.

Dia berharap agar ilmu yang didapatkan melalui kegiatan ini bisa ditransferkan kepada siswa, karena materi yang diajarkan oleh pihak perusahaan adalah hal yang dikerjakan di dunia kerjanya.

Sementara itu, Pengawas Bidang SMK Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Edi W. Soeryono mengatakan, SMK PK Hermon Timika harus dapat menyelaraskan kurikulum dari industri yang materinya akan dibawakan oleh PT Sucofindo dan PT Explorasi Nusa Jaya.

“Diharapkan guru-guru bisa menyerap pengetahuan yang diberikan agar bisa diimplementasikan kepada siswa, karena isi workshop ini juga bentuk tranformasi dari kurikulum merdeka belajar,” katanya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy