SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dinas Sosial Kabupaten Mimika menggelar sosialisasi Cek Bantuan Sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) dan penyegaran tentang aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG), yang diselenggarakan di Hotel Grand Tembaga Timika, Mimika, Papua Tengah, Selasa (10/10/2023).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mimika, Petrus Yumte menjelaskan, kegiatan ini diikuti 11 kelurahan dan 3 kampung di Distrik Mimika Baru (Miru). Dilaksanakannya kegiatan ini mengingat penyandang masalah sosial setiap saat terjadi di tengah-tengah masyarakat.

“Karena data Bansos ini selalu bergerak dan berubah sehingga kita melakukan sosialisasi kepada pihak Kelurahan yang menjadi mata pemerintah yang melihat langsung secara real kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa selama ini Dinsos mendapatkan data Penerima Bantuan dari pihak Kelurahan namun hasilnya kurang maksimal, karena keterbatasan komunikasi dan personel dalam mendata.

“Kelurahan memang yang memberikan data namun dalam pemberiannya kurang maksimal,” ungkapnya.

Menurut dia, untuk mengatasi hiruk-pikuk masalah penyandang masalah sosial itu dilakukan dengan berbagai upaya, salah satunya dengan diintegrasikannya peran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan SIKS-NG yang merupakan aplikasi nasional untuk penerima segala jenis bantuan pemerintah. Dengan demikian, semua bantuan akan tersalurkan tepat sasaran.

"Dengan aplikasi semuanya terintegrasi. Melalui program ini supaya tidak ada data yang siluman, tidak ada orang yang dapat dobol, yang sudah meninggal secara langsung terhapus," tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy