SALAM PAPUA (TIMIKA) - Satgas Ops Damai Cartenz Kembali menangkap salah satu pelaku pembunuh terhadap aktivis perempuan Papua, Michele Kurisi Doga.

Kasatgas Humas Damai Cartenz, AKBP Dr. Bayu Suseno dalam rilisnya, Sabtu (11/3/2023), mengatakan bahwa pelaku yang sempat masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) itu berinisial JW (30). JW ditangkap di Kabupaten Lani Jaya, tanggal 9 November 2023.

"Benar, kamis siang kami berhasil menangkap satu orang DPO pembunuh Michele Kurisi Doga," ujar Bayu.

Dia mengungkapkan, JW ikut merencanakan pembunuhan, menjemput korban dari hotel, kemudian bersama-sama pelaku lainnya membawa korban ke TKP. JW juga yang memvideokan kegiatan interogasi dan pembunuhan terhadap korban Michele Kurisi.

Saat ini JW masih menjalani pemeriksaan oleh penyidik Satgas Operasi Damai Cartenz dan penyidik Ditreskrimum Polda Papua.

"Saat ini pelaku masih kami lakukan pemeriksaan untuk proses penyidikan lebih lanjut," pungkas Bayu.

Diberitakan sebelumnya bahwa aktivis perempuan Papua Michele Kurisi Doga dibunuh pada tanggal 28 Agustus 2023. Video pembunuhannya diunggah di media sosial dan langsung viral. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 2023 tiga pelaku pembunuh Michelle ditangkap di Jayawijaya masing-masing berinisal  PM, AW dan RK. Selain ketiga Pelaku, Polisi telah mengeluarkan enam DPO pelaku lainnya.

Penulis : Acik

Editor : Jimmy