SALAM PAPUA (TIMIKA) - Harga sejumlah bahan pokok menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kabupaten Mimika, Papua Tengah, mulai mengalami kenaikan.

Dari pantauan salampapua.com di Pasar Sentral Timika, Sabtu (16/12/2023), harga cabai rawit dan cabai keriting naik signifikan dari biasanya, dimana harga cabai rawit Rp 150 ribu perkilogram dan cabai keriting Rp 85 ribu perkilogram. 

Kenaikan ini menurut salah satu pedagang, Suriani, telah terjadi sejak akhir bulan November 2023, namun tidak stabil, cabai rawit dari harga Rp 120 ribu perkilogram diakhir November, pada awal Desember menjadi Rp 100 ribu perkilogram, dan di tengah Desember 2023 mencapai Rp 150 ribu perkilogram.

“Harga ini tidak bisa diperkirakan apalagi masuk Desember 2023, cabai keriting ini minggu lalu Rp 120 ribu, ini turun Rp 85 ribu,” ujarnya.

Salah satu penjual bahan pokok lainnya, Nanda menjelaskan, kondisi naiknya harga cabai rawit tahun ini memang sangat jauh dibanding Desember tahun lalu sedangkan untuk bawang merah dan bawang putih mengalami kenaikan namun tidak terlalu tinggi.

“Kalau cabai ini memang naik, padahal ini cabai dari Timika, kalau cabai dari luar lebih mahal, yang dari Manado saja di jual 1 kg Rp 130 ribu itu belum biaya pengiriman, kalau bawang merah Rp 50 ribu/kg memang naik tapi naiknya wajar mau hari Raya,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk harga bawang putih Rp 40 ribu/kg sedangkan untuk tomat masih stabil di harga Rp 30 ribu/kg.

“Kalau tomat selalu stabil karena banyak, sayur ini yang agak susah, mungkin karena cuaca terlalu panas, tapi kita jual harganya tetap satu ikat Rp 10 ribu tapi kita kurangi saja bobotnya,” ungkapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy