SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra mengatakan bahwa sebanyak 380 personel Polres Mimika disiapkan untuk pengawalan pendistribusian logistik ke 18 Distrik di Kabupaten Mimika dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kita pastikan saat pendistribusian logistik dibawa pengawasan kita, tetapi prosesnya akan disesuaikan dengan jadwal KPU karena kami belum menerima jadwalnya,” ujarnya saat ditemui di salah satu Hotel di Timika, Rabu (17/1/2024).

Ia mengungkapkan, pasukan akan ditambah apabila kondisi di lapangan mengharuskan, dan saat penempatan personel di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) pun akan berbeda, disesuaikan dengan peta kerawanan.

Pihaknya juga telah melakukan pemetaan daerah-daerah rawan seperti wilayah Hoya, Alama, dan Jita.

“Kemungkinan pasukan kami tambah karena kalau dikurangi tidak mungkin, pasukan ini sudah sesuai dengan aturan. Untuk menentukan daerah rawan dan sangat rawan, memang ada beberapa indikator yang menjadi penilaian, seperti aksesnya yang sulit, adanya pernah terjadi gangguan konflik atau penembakan, itulah mengapa kami klasifikasikan menjadi daerah rawan dan sangat rawan,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy