SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kabupaten Mimika, George M Randang menyampaikan, Basarnas Mimika menangani 20 kasus kecelakaan yang terjadi di wilayah tugasnya, sepanjang tahun 2023.

“Total penanganan kecelakaan yang ditangani Kantor Pencarian dan Pertolongan Mimika tahun 2023 sebanyak 20 kasus,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (11/1/2024).

Ia menjelaskan, dari 20 kasus tersebut di dominasi dengan kasus pelayaran, bahkan tiap tahunnya kasus pelayaran selalu terjadi di Mimika.

“Kasus kecelakaan di laut memang sering terjadi, paling sering itu kapal kecil jenis katinting, terkadang masyarakat ini di bilang jangan berlayar, tetapi masyarakat melawan, sehingga  saat gelombang tinggi sering terjadi kapal terbalik,” ungkapnya.

Dirinya berharap, ke depannya masyarakat yang ingin berlayar lebih menyiapkan peralatan keselamatan, yang terutama memiliki sistem navigasi yang bisa berfungsi.

“Yang paling penting yang mengendarai kapal harus bisa menguasai sistemnya, sehingga apabila terjadi masalah di tengah laut, penggunaan alat keselamatan dan sistem navigasi dapat digunakan dengan benar,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Acik