SALAM PAPUA (TIMIKA) - Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Mimika telah siap 100 persen dalam hal teknis untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Untuk persiapan Pemilu kami telah menyusun semuanya, kami sudah siap menghadapi Pemilu tahun ini. Untuk pengamanan pun telah kami siapkan, kami terus berkoordinasi kepada pihak TNI-Polri,” ujarnya usai mengikuti sidang Paripurna Ranperda APBD 2024 di gedung DPRD Mimikaa, Rabu (17/1/2024).

Namun Bupati Omaleng menjelaskan, untuk realisasi anggarannya belum dapat dilaksanakan sebab Pemkab Mimika masih menunggu penetapan anggaran tahun 2024. Bahkan menurutnya anggaran 60 persen untuk KPU menunggu penetapan APBD Mimika 2024.

“Ini yang kami belum bisa bergerak karena kami menunggu anggaran 2024 ditetapkan pada sidang Paripurna ini. Dana hibah 60 persen untuk KPU pun kami masih menunggu penetapan APBD ini,” ungkapnya.

Sama halnya terkait persiapan infrastruktur pendukung di wilayah pedalaman dalam menghadapi Pemilu telah dilakukan Pemkab Mimika.

“Nah kalau di pedalaman itu kan menggunakan helikopter, kalau koordinasinya telah kami lakukan, namun kembali lagi tetap harus ada anggaran baru bisa dijalankan,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy