SALAM PAPUA (TIMIKA) - Car Free Day (CFD) di Timika yang digelar oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Mimika kini konsisten digelar setiap hari Sabtu.

Ketua KORMI Papua Tengah, Johannes Rettob mengungkapkan bahwa kegiatan CFD ini di seluruh Papua Tengah hanya dilakukan di Timika saja. Pasalnya, kegiatan CFD ini merupakan tidak lanjut Peraturan Bupati Nomor 43 tahun 2018, sehingga KORMI berkomitmen akan melakukan CFD setiap hari Sabtu.

“Memang banyak usulan dari masyarakat, apakah pelaksanaan CFD hanya di hari Sabtu saja, atau pindah di hari Minggu, yang jelas kalau hari Minggu tidak bisa, tetapi kalau Sabtu itu komitmen kita akan terus dilaksanakan,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Mimika ini saat ditemui salampapua.com di sela-sela kegiatan CFD, di Jalan Cendrawasih Timika, Sabtu pagi (20/1/2024).

Dia menambahkan bahwa KORMI sementara akan melakukan evaluasi terkait waktu dan tempat pelaksanaan CFD di Timika, karena tempat pelaksanaan CFD ini berdekatan dengan dua Sekolah,  yang bisa saja kegiatan tersebut dapat mengganggu proses belajar mengajar di Sekolah tersebut.

“Kita akan melakukan evaluasi terkait waktu apakah dari jam 06.00 WIT-10.00 WIT pagi itu terlalu lama? Nah memang CFD ini sudah dilakukan 2 kali dalam masa Sekolah telah aktif, namun sampai di posisi hari ini belum ada komplain dari Sekolah, namun kami akan tetap evaluasi tempat pelaksanaan CFD,” jelasnya.

Dia juga mengajak semua organisasi, sanggar atau pun masyarakat luas untuk turut ambil bagian dalam kegiatan CFD tersebut, seperti menambahkan event-event sehingga kegiatan CFD lebih ramai dan bermanfaat bagi semua masyarakat Timika.

“KORMI hanya memfasilitasi, boleh juga organisasi-organisasi, sanggar bisa menggelar event atau lomba-lomba, jadi bisa ramai. Contohnya di sini sudah ada Zumba, mungkin bisa ditambahkan Caca, karena sehat ini dari kita untuk kita, kita lihat juga CFD ini dimaanfaakan banyak UMKM untuk berjualan,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy