SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Mimika, Alice Wanma mengungkapkan bahwa pada tahun ini pihaknya akan membuka lahan pertanian seluas 150 hektar di dekat wilayah PT Kaya Bela Vita, Jalan Trans Nabire.

“Untuk program tahun ini kita mau coba buka kebun teh di wilayah Jalan Trans Nabire di lokasi KBV, karena tempatnya pas di bawah kaki gunung, jadi memang cocok untuk perkebunan,” ujarnya, Rabu (31/1/2024).

Alice menjelaskan, bukan hanya teh yang akan ditanam namun sebagaian juga akan ditanami pohon coklat, kopi, jagung, ubi-ubian dan akan dikelola oleh kelompok tani binaan Distanbun.

“Kita juga buatkan saung tani, jadi petani bisa istirihat di tempat itu. Kita lihat kan kebanyakan mereka hanya membuat pondok seadanya. Kita juga bantu bibit dan alat pertanian,” ungkapnya.

Ia menambahkan, anggaran untuk program pembukaan lahan baru dan semua perlengkapannya tersebut sebesar Rp 50 Miliar yang berasal dari APBD 2024.

“Yang jelas saat ini anggaran sudah ada, kemudian pembinaan kelompok tani di wilayah PT KBV sementara terus berjalan, sehingga program ini dapat berhasil dan bisa dikembangkan menjadi agrobisnis bagi petani,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy