SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Distrik Jita, Kabupaten Mimika, Suto H. Rontini meminta kepada pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika untuk secepatnya mendistribusikan logistik Pemilu ke daerahnya.

Hal itu disampaikannya mengingat situasi cuaca yang ekstrem dan transportasi menuju ke Jita, dimana memasuki bulan Februari biasanya gelombang cukup tinggi sehingga ditakutkan kapal pembawa logistik akan sulit tembus ke Jita.

“Saya mau sampaikan untuk pendistribusian logistik ke pedalaman terutama di Distrik Jita agar segera dilakukan. Mengingat mau masuk Tahun Baru Cina gelombang sangat tinggi, sebaiknya kita dahulukan pendistribusian logistik ke pedalaman,” ujarnya saat mengikuti sosialisasi yang digelar Kesbangpol Mimika, di hotel Grand Tembaga Timika, Sabtu (20/1/2024).

Terkait anggaran yang diberikan ke setiap Distrik untuk pelaksanaan Pemilu, menurut dia, tidak sebanding dengan yang dikerjakan di lapangan.

“Kami diminta untuk menyiapkan saran dan prasarana, namun anggaran yang diberikan kepada kami sangat minim, mau tidak mau kita gunakan saja yang ada. Mungkin anggaran ini juga bisa diperhatikan,” jelasnya.

Menjawab pertanyaan Kadistrik Jita, Kepala Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Mimika, Fidelis Piligame menjelaskan bahwa terkait pendistribusian logistik Pemilu telah ditetapkan sebelum H-7 Pemilu dilaksanakan. Sementara terkait anggaran Pemilu ia tekankan bahwa tahapan Pileg dan Pilpres murni dibiayai oleh APBN, sehingga semua penetapan anggaran telah ditentukan oleh Pusat.

“Satu minggu sebelum pendistribusian kami akan berkoordinasi dengan BMKG dan TNI-Polri. Jadi jadwalnya sudah ditetapkan, kami berjalan sesuai aturan yang ditetapkan Pusat. Kalau anggaran kami tidak bisa berbuat apa-apa sebab Pusat yang anggarkan, kita tidak bisa menaikan dan menurunkan anggaran,” ungkapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy