SALAM PAPUA (TIMIKA) - Menang poin selama pertandingan pada babak kualifikasi yang digelar di Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Tim Futsal Putra Papua Pegunungan meraih tiket menuju PON XXI/2024 yang akan diselenggarakan di Aceh-Sumatera Utara.

Pada laga perdananya di babak kualifikasi PON XXI yang diselenggarakan di GOR Futsal Timika, Jalan SP2-SP5 Timika, tanggal 24 Januari 2024 lalu, tim Futsal Putra Papua Pegunungan menang telak 7-3 atas tim tuan rumah Papua Tengah, namun kemudian kalah tipis saat berhadapan dengan tim Papua Selatan 4-5 pada 26 Januari 2024.

Meski demikian tim Futsal Putra Papua Pegunungan dinyatakan menang poin setelah tim Futsal Putra Papua Tengah berhasil mengalahkan tim Papua Selatan dengan skor 5-3, Sabtu (27/1/2024).

"Kami ucapkan syukur dan terima kasih kepada Tuhan karena segala hal yang terjadi tidak terlepas dari kemurahan Tuhan. Kami percaya hari ini tim putra kami lolos dan menang poin karena memang telah ditunjuk oleh Tuhan," ungkap Sekretaris Asprov sekaligus Sekretaris Harian KONI Papua Pegunungan, Herry Yohanes Purun.

Disampaikan bahwa pihaknya segera membahas untuk menentukan training center (TC) guna mempersiapkan diri menuju PON XXI di Aceh-Sumut.

"Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh pemain kami yang telah berjuang sangat luar biasa. Terima kasih juga disampaikan kepada Pj Gubernur, Dandim Jayawijaya dan seluruh yang telah mendukung kami," ujar Herry.

Sementara itu Pelatih Kepala tim Futsal Putra Papua Pegunungan, Matheus Balubun bahwa penampilan selama bertanding pada babak kualifikasi ini dijadikan bahan evaluasi.

"Kita akan mengevaluasi supaya bisa lebih maksimal saat bertanding di Aceh nantinya," kata Matheus.

Komitmen yang sama juga disampaikan Pelatih Kepala tim Futsal Putri Papua Pegunungan, Nelson Piter Rumaropen mengaku siap memberikan pelatihan kepada anak-anak asuhnya dengan mengevaluasi pola permainan selama bertanding di babak kualifikasi ini.

"Kita akan lebih matangkan lagi cara bermain dan strategi," kata Piter.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy