SALAM PAPUA (TIMIKA) – Beberapa hari terakhir warga Mimika digegerkan dengan pernyataan Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang diedit dan tersebar melalui aplikasi TikTok.

Video yang diposting melalui akun TikTok atas nama @Luna.Kiran4 itu merupakan video saat Bupati Eltinus Omaleng menyampaikan arahan dalam suatu kegiataan saat bersama Pj Gubernur Papua Ribka Haluk di Timika. Video tersebut diduga diedit pemilik akun tidak bertanggungjawab sehingga tidak semua penyampaian dipublish.

“Pantaskah sekelas Bupati berbicara seperti ini?,” tambahan caption video yang diviralkan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Persekutuan Gereja-gereja di Mimika (PGGM) menyampaikan klarifikasi bahwa video yang tersebar adalah tidak benar dan merupakan hasil editan. Video yang kini tersebar memfitnah seolah-olah apa yang disampaikan Bupati Eltinus Omaleng sebagai bentuk dukungan kepada kelompok Separatis Papua Merdeka.

“Kami dari Persekutuan Gereja-gereja di Mimika sangat menolak informasi  yang beredar, karena itu tidaklah benar,” ungkap Ketua PGGM, Pendeta Donal Mahuze di Cenderawasih Hotel dan Resto, Senin (22/1/2024).

Pendeta Donal mengatakan, Bupati Eltinus merupakan salah satu pejabat di Papua yang sangat mendukung penuh semua kebijakan pemerintah Republik Indonesia dengan dikeluarkannya undang-undang nomor 14 tentang otonomi khusus jilid II serta tentang pemekaran provinsi-provinsi di Papua.

Bupati Eltinus merupakan orang yang pertama menyuarakan hal itu dan membuka seluruh tabir serta mendukung penuh kebijakan pemerintah Republik Indonesia.

Bupati Eltinus merupakan sosok yang idealis, sehingga dari PGGM punya pengakuan khusus bahwa Bupati Eltinus Omaleng adalah “Bapak Oikumene”.

“Apa yang beredar di TikTok itu sangat tidak benar. Kami ajak seluruh masyarakat Mimika agar terus menjaga situasi yang aman dan damai di tanah Mimika,” katanya.

Klarifikasi ini pun diterima Kepala Badan Kesbangpol Mimika, Yan Selamat Purba.

“Kami terima klarifikasi ini sebagai klarifikasi resmi dari PGGM,” kata Yan.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy