SALAM PAPUA (TIMIKA) - Upaya untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat dalam hal penanganan kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika, Papua Tengah, saat ini telah menambah dua unit mobil pemadam kebakaran baru berkapasitas 10.000 liter.

Kepala BPBD Mimika, Moses Yarangga menyebutkan penambahan dua unit mobil ini bermerk Fire Doom yang memiliki kabin di depan untuk petugas pemadam dan dilengkapi dengan berbagai perlengkapan pendukung.

“Tahun ini kita kedatangan dua mobil Fire Doom dan memang langsung kita uji coba pemakaiannya,” ujarnya usai percobaan mobil Fire Doom di lapangan Eks Pasar Swadaya Timika, Rabu (21/2/2024).

Pembelian mobil tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mimika tahun 2023 dengan harga Rp 5,7 Miliar untuk dua mobil.

“Mobil ini sudah kami anggarkan di tahun 2023, sebenarnya anggarannya Rp 6 miliar namun karena ada pajak dan lain-lain sehingga kita bulatkan dua mobil seharga Rp 5,7 Miliar,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, mobil pemadam baru ini akan ditempatkan di Pos Induk Damkar dan petugas akan diajarkan langsung oleh petugas teknis dari Jakarta.

Sementara itu Ia menambahkan bahwa saat ini BPBD Mimika telah memiliki delapan unit mobil pemadam kebakaran dengan kapasitas mulai 1.000 liter, 5.000 liter, dan 8.000 liter.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy