SALAM PAPUA (TIMIKA) - Seluruh Jemaat GKI Klasis Mimika menggelar Ibadah Syukur dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Pekabaran Injil (PI) ke-169 di Tanah Papua, yang diselenggarakan di Kantor Klasis GKI Mimika, Jalan Poros Irigasi-SP V Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Senin (5/2/2024).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kabupaten Mimika Ida Wahyuni dan beberapa pimpinan OPD lingkup Pemkab Mimika serta seluruh jemaat-jemaat GKI se-Kabupaten Mimika dari 38 lingkungan pelayanan.

Kegiatan ini mengangkat tema “Kasih Kristus Menggerakkan Kemandirian Gereja, Mewujudkan Keadilan, Perdamaian dan Kesejahteraan”, dengan Sub Tema “Memasuki HUT Pekabaran Injil Ke-169, Kita Membangun Kesehatian, Mendorong Pemberdayaan, Mewujudkan Keadilan, Perdamaian Di Tanah Papua”.

Ibadah syukur dipimpin Pdt. DR. Rainer Scheunemann yang dalam khotbahnya mengatakan bahwa Tanah Papua telah menerima Injil, dimana terang Injil terus menyala, sehingga Tanah Papua selalu diberkati.

“Dimana Tuhan membuka sebuah peradaban baru di atas tanah ini bagi semua orang Papua, semua orang yang mendiami tanah yang Tuhan berkati, maka kita harus percaya kepada Injil sebagai pelita kehidupan,” ujarnya.

Dia mengajak semua orang di Tanah Papua untuk menjadi orang yang percaya kepada Injil, mempunyai status orang percaya, yang mana ada 5 status yang akan didapatkan apabila orang percaya yaitu kepastian keselamatan, pengampunan dosa, bebas dari kuasa gelap, harga diri - dicintai Tuhan, serta damai, sukacita dan pengharapan.

“Apabila kita percaya akan Injil maka 5 status ini ada di dalam hati kita. Semua roh-roh kejahatan, kegelapan diputuskan oleh Injil. Saat Tuhan mencintai kita, tumbuh semua rasa sukacita dan mendapatkan pengharapan,” ungkapnya.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam sambutannya mengatakan, Injil telah menerangi Papua selama 169 tahun. Semoga terang Injil ini dapat terus menyala dan menerangi semangat umat Tuhan untuk terus berkarya dalam membangun Papua.

“Saya berharap di HUT ke-169 tahun ini, kita semua sudah hidup dan percaya kepada Yesus Kristus yang adalah Tuhan dan Juruselamat manusia. Saya mengajak semua umat untuk pecaya dan melakukan yang diperintah oleh Injil,” ujarnya.

Di sisi lain Bupati Omaleng mengungkapkan, terkait pemberian dana hibah untuk pembangunan Kantor Klasis GKI Mimika akan segera dicairkan, sehingga ia berharap semua pembangunan dapat terselesaikan.

“Saya juga berharap dengan bantuan yang diberikan Pemkab, di bulan Desember kita sudah bisa memasuki Kantor Klasis GKI yang baru,” harapnya.

Sementara itu Ketua GKI Klasis Mimika, Pdt. Junus Bonsapia dalam sambutannya mengatakan, tanpa Injil dunia penuh dengan kegelapan, karena Injil yang menyelamatkan Papua dari kegelapan sehingga Papua menjadi terang seperti saat ini.

“Orang Asli Papua di Tanah ini diberkati karena adanya Injil yang menerangi, maka dari itu kita pantas menyambut Pekabarannya di Tanah Papua, serta tetap bersyukur dan berseru kepada-Nya,” ujarnya.

Ia menambahkan, sebelum perayaan HUT ini, GKI Klasis Mimika juga telah menggelar perlombaan menghias Perahu Injil yang diikuti 32 Jemaat GKI se-Kabupaten Mimika.

“Perlombaan ini sebagai bentuk kita di Papua menerima Kuasa dari Roh Kudus, perlombaan ini akan kita lakukan tiap tahunnya, yang mana kita akan siapkan piala bergilirnya,” tuturnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy