SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kabupaten Mimika Roesli Gunawan merayakan Tahun Baru Cina (Imlek) tahun 2024 di kediamannya di Jalan Budiutomo Ujung Timika, Sabtu (10/2/2024).

Dalam perayaan Imlek tersebut turut dilakukan budaya pemberiaan angpao dari anak yang sudah menikah kepada orang tua dan dari orang tua kepada anak-cucunya yang belum menikah.

Tampak turut hadir juga, Pdt. Abraham D. Manurung yang merupakan penasihat, orang tua, dan sesepuh Amiete Papua Grup sebagai induk perusahaan salampapua.com.

Roesli Gunawan mengungkapkan bahwa tahun 2024 merupakan tahun Naga Kayu dan dimulai dari tanggal 10 Februari 2024, dimana Tahun Naga Kayu ini akan terulang kembali pada 12 tahun kemudian.

“Tahun ini merupakan Tahun Naga Kayu. Naga melambangkan keperkasaan dan keagungan, sedangkan Kayu melambangkan kreativitas dan keindahan, jadi untuk pengusaha tahun ini bisa memanfaatkan peluang dengan sebesar-besarnya namun jangan sampai salah jalan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dikarenakan tahun ini Imlek berdekatan dengan masa tenang Pemilu, maka berdasarkan hasil kesepakatan PSMTI, perayaan Imlek ini tidak dilakukan secara meriah seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Kita lakukan secara sederhana, tidak secara umum seperti tahun-tahun lalu, kan sudah masuk masa tenang dan Pemilu tinggal menghitung hari,” ungkapnya.

Tidak lupa ia pun mengajak kepada masyarakat Tionghoa di Mimika untuk menyambut pesta demokrasi dengan aman, damai dan menggunakan hak suaranya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy