SALAM PAPUA (TIMIKA) - H-1 menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Bupati Mimika Eltinus Omaleng mendatangi tiga Distrik di Kabupaten Mimika untuk memantau kesiapan Pemilu.

Kunjungan Bupati Omaleng yang didampingi Pj Sekda Mimika Ida Wahyuni ini dilakukan di Distrik Wania, Kwamki Narama, dan berakhir di Distrik Mimika Baru.

Bupati Omaleng menjelaskan, setiap Distrik perlu ditingkatkan koordinasi dan berbagai langkah cepat untuk persiapan Pemilu, mulai dari lokasi hingga para peserta pemilih.

“Kita lakukan pengecekan karena kesiapan Pemilu ini juga menjadi tanggungjawab Kadistrik,” ujarnya saat mengujungi Distrik Miru, Selasa (13/2/2024).

Menurut dia, Distrik Miru merupakan tempat Pemilu yang paling banyak peserta pemilih dan TPS, sehingga Miru harus menyiapkan tempat Plenonya.

“Karena pemilih di Miru 140ribu orang dan ada 500 TPS, jadi saya harap di Miru tidak ada kendala, TPS harus aman, semua harus berjalan dengan baik termasuk dengan nanti Plenonya ditentukan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, terkait PPD juga harus diperhatikan sebab saat kunjungannya di Distrik Wania, PPD mengeluh tidak memiliki honor untuk makan.

“Macam seperti ini seharusnya bisa didiskusikan, semua bisa diselesaikan kalau ada koordinasi yang baik,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Distrik Miru Yoel Daniel Luhukai menjelaskan terkait kesiapan TPS, PPD dan lainnya, hingga saat ini pihaknya tidak mendapatkan kendala dan siap melaksanakan Pemilu besok, Rabu (14/2/2024).

“Untuk Pleno memang awalnya kami menyiapkan gedung Kantor Distrik Miru, namun karena alasan jumlah dan keamanan maka kami bergeser di Gedung Emeneme Yauware,” ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Ronny Toisuta mengungkapkan, untuk pelaksanaan Pemilu pihaknya telah siap dan untuk isu yang berkembang terkait kotak suara, pihaknya memastikan kotak suara hanya akan dibuka oleh KPPS bersama saksi di TPS masing-masing.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy