SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Mimika, drh. Sabelina Fitriani mengungkapkan bahwa saat ini peternak ayam petelur binaan Disnakeswan telah berhasil memproduksi 2.500 butir telur ayam omega-3.

Hal ini diungkapkannya saat melakukan kunjungan ke Peternak binaan Disnakkeswan di Jalan SP3 Timika, Rabu (21/2/2024).

“Hari ini kita bisa lihat bahwa peternak ayam petelur kita di Mimika berhasil memproduksi telur omega-3, dimana telur ini lebih sehat dari telur biasanya,” ujarnya.

Sabelina menjelaskan, awalnya Disnakeswan hanya membina dengan memberikan bantuan 326 sak pakan ayam yang mengandung omega, selanjutnya pihaknya secara rutin mengecek kesehatan ayam petelur tersebut, namun yang perlu diketahui bahwa peternak ini telah memiliki Sertifikasi Nomor Kontrol Veteriner (NKV).

“Ada sekitar 2000 lebih ayam petelur omega-3 yang dipelihara. Memang dari makanannya yang beda dan juga butuh perawatan khusus karena ayam ini tidak boleh disuntikkan antibiotik, sehingga ayam ini benar-benar dipelihara secara alami,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan diproduksinya telur omega-3 di Timika membuktikan bahwa peternak di Mimika bisa meningkatkan nilai ekonomi dari telur biasa sehingga peternak bisa lebih berkembang dan sejahtera.

“Yang terpenting telur omega-3 ini fresh produksi Mimika bukan kiriman dari luar kota. Ini merupakan telur yang baik bagi kesehatan, tinggi protein, dan baik bagi penderita jantung,” jelasnya.

Ia berharap ke depannya dengan satu contoh peternak ini dapat terus dikembangkan kepada peternak lainnya sehingga semua peternak di Mimika dapat menghasilkan telur omega-3.

“Ini sebagai contoh saja bagi peternak lain. Jadi ke depan kita akan bina peternak OAP, saya juga berharap ada kerjasama antara RSUD dan Dinas Kesehatan untuk pendistribusiannya,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy