SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ketua KPU Kabupaten Mimika, Dete Abugau menegaskan bahwa logistik Pemilu 2024 mulai disalurkan ke seluruh wilayah pegunungan dan pesisir Kabupaten Mimika pada Sabtu (10/2/2024).

"Siap atau pun tidak siap, logistik ke wilayah gunung dan pesisir Kabupaten Mimika harus didistribusikan pagi ini (Sabtu 10/2/2024, Red). Dimulai dari logistik keluar dari Graha Emeneme Yauware sampai ke semua wilayah pegunungan dan pesisir hingga kembalinya adalah  tanggungjawab pihak ketiga," ungkap Dete saat pelaksanaan rapat koordinasi kesiapan pendistribusian logistik antara KPU Mimika, pihak ketiga dan Forkopimda Mimika yang diselenggarakan di Hotel Horison Timika, Jalan Hasanudin, Jumat (9/2/2024).

Meski persiapan PT Baliem Papua Logistik selaku pihak ketiga yang bertanggungjawab untuk menyalurkan logistik belum maksimal, namun semua pihak penyelenggara Pemilu akan berupaya bersama-sama agar logistik tetap disalurkan.

"Yang jelas kami sudah pleno. Untuk persoalan persiapan pihak ketiga yang tidak maksimal itu akan didiskusikan bersama supaya kita bisa dapatkan pesawat yang memadai untuk mengangkut logistik ke wilayah pegunungan, begitu juga untuk armada laut yang akan mengangkut ke wilayah pesisir, " ungkapnya.

Sementara Kepala Pelaksana PT Baliem Papua Logistik, Johan Jerico saat diwawancara usai rapat koordinasi tersebut mengaku bahwa pihaknya telah membangun koordinasi dengan semua pihak terkait, namun dirinya kurang persiapan dalam hal pemaparan sehingga tidak memuaskan forum.

"Sebetulnya persiapan kami sudah maksimal, cuma kurang persiapan dalam pemaparan saja," ujarnya.

Johan menambahkan bahwa sejauh ini pihaknya telah menyiapkan 4 helikopter untuk mengangkut logistik ke wilayah pegunungan.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy