SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Dete Abugau mengungkapkan hampir semua Distrik se-Kabupaten Mimika telah selesai melakukan pleno rekapitulasi perhitungan surat suara Pemilu 2024 untuk Capres-Cawapres.

“Hingga saat ini perhitungan surat suara Presiden tingkat Distrik telah selesai,” ujarnya kepada salampapua.com melalui sambungan telepon, Kamis (22/2/2024).

Namun kata Dete, untuk hasil keseluruhannya belum dapat diumumkan sebab hasilnya masih ada di Panitia Pemilihan tingkat Distrik (PPD) sebagai penyelenggara teknis.

“Kalau hasilnya bisa langsung ditanyakan kepada penyelenggara teknisnya, sebab kami hanya mendapatkan laporan bahwa perhitungannya telah selesai,” ungkapnya.

Di samping itu Ia mengatakan, ada tiga Distrik yang perhitungan surat suaranya baru selesai pada tingkat TPS yaitu Distrik Hoya, Jila dan Mimika Timur.

“Tiga Distrik ini yang agak terlambat, namun kita pastikan tahapan perhitungan tingkat Kabupaten selesai pada tanggal 3-5 Maret 2024,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk proses pleno rekapitulasi hingga saat ini berjalan dengan baik. KPU terus melakukan koordinasi bersama pihak TNI, Polres Mimika, Kesbangpol Kabupaten Mimika, dan Kejari Timika untuk melakukan pemantauan pelaksanaan pleno.

“Kita terus jalan bersama-sama untuk melakukan pemantauan pleno. Kami berharap semua tahapan bisa berlangsung dengan aman dan lancar,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy