SALAM PAPUA (TIMIKA) – Kantor Distrik Bayabiru, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah, hangus dibakar massa sekira pukul 15.10 WIT, Minggu (11/2/2024).

Kapolres Kabupaten Paniai, AKBP Abdus Syukur Felani mengungkapkan bahwa  peristiwa ini dipicu karena tidak adanya tempat pemungutan suara (TPS) di Distrik Bayabiru pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

"Protes ini dipicu oleh tempat pemungutan suara Pileg dan Pilpres tidak ada di Distrik Bayabiru, tetapi hanya Distrik Aradide. Selain itu massa juga mengeluhkan terkait Kepala Distrik yang absen serta masalah pembayaran bahan kayu untuk pembangunan kantor distrik," ujar AKBP Abdus melalui rilis Humas Polda Papua.

AKBP Abdus mengaku aparat keamanan telah mengimbau agar warga tidak terprovokasi namun imbauan tersebut tidak diindahkan dan terus melakukan aksi hingga membakar kantor Distrik.

Pihak kepolisian akan melakukan olah TKP guna mengungkap pelaku serta mengambil tindakan hukum yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Kami akan mengusut tuntas kasus ini dan mengidentifikasi pelaku serta pihak yang berpotensi memprovokasi kerusuhan tersebut," tegasnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy