SALAM PAPUA (TIMIKA) - Caleg Provinsi Papua Tengah yang merupakan anak suku Amungme Araminus Omaleng berhasil peroleh suara terbanyak dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) daerah pemilihan (Dapil) 5 Kabupaten Mimika pada Pemilu 2024, dengan total 4.252 suara.

Perolehan suara ini pun telah disahkan dalam pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kabupaten Mimika yang diselenggarakan di gedung Eme Neme Yauware Timika, pada Rabu (13/3/2024).

“Harapan saya tidak ada lagi oknum-oknum yang bermain dengan apa yang sudah ditetapkan di tingkat Kabupaten Mimika. Suara yang didapatkan adalah murni merupakan suara akar rumput,” ungkap peraih Sarjana (S1) Arsitek Muda dari Australia tahun 2018 ini.

Pendiri sekaligus pembina Yayasan Gerbang Terang Timur yang membawahi sekolah gratis (TK Nangmora) bagi anak-anak Amungme ini menyampaikan, dengan telah disahkannya pleno penghitungan suara tingkat Kabupaten Mimika, maka dipastikan dirinya meraih satu kursi untuk mewakili rakyat Mimika di DPRD Provinsi Papua Tengah. Dia mengaku siap mengawal aspirasi masyarakat Mimika menuju Papua Mandiri.

Dengan memperolehan suara terbanyak untuk Partai Gerindra, baginya merupakan suatu kepercayaan dari seluruh masyarakat Amungme dan masyarakat suku lainnya di Mimika.

"Sekarang saya siap mengawal berita acara penetapan KPU Provinsi Papua yang akan dilaksanakan, agar suara yang telah ditetapkan di tingkat Kabupaten Mimika ini tidak dikurangi lagi saat pleno di tingkat Provinsi Papua Tengah," jelasnya.

Dia pun menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Amungme dan Kamoro yang telah menjatuhkan pilihan kepadanya.

"Perolehan suara ini merupakan suara akar rumput, saya ucapkan terima kasih banyak," ujarnya.

Adapun perolehan suara DPRD Provinsi Papua Tengah untuk Partai Gerindra ialah 3.355, kemudian untuk Caleg DPRD Provinsi Papua Tengah dari partai Gerindra adalah Sadrak Nawipa 2.180, Jhonatan Rumainum 1.871, Desi Magai 1.228, Jackson Beanal 2.718, Sony Marthin Kaparang 732, Icen Tabuni 474, Sem Bukaleng 366, Hilarius Dolame 2.390, Naomi Tandi Tulak 435, dan Araminus Omaleng 4252. Sedangkan untuk total suara keseluruhan untuk Partai Gerindra adalah 20.001 suara.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy