SALAM PAPUA (TIMIKA) - Masyarakat  mendesak agar Pemkab Mimika segera mengaktifkan aktivitas di gedung pasar yang terletak di jalan Poros Mapurjaya, Distrik Mimika Timur.

Gedung yang telah direhab dengan anggaran bernilai fantastis itu kini terancam mubazir dan kerap dijadikan tempat pesta minuman keras (Miras), pacaran, dan menjadi tempat penampungan barang hasil curian.

"Harusnya gedung itu difungsikan supaya dapat mendorong perekonomian masyarakat di Distrik Mimika Timur. Sekarang ini di dalam gedung itu dijadikan tempat kumpul-kumpul orang minum mabuk, pacaran dan menyimpan barang curian," ungkap seorang warga yang bermukim di sekitar gedung yang saat ini sementara proses pembangunan pagar keliling itu, Jumat (15/3/2024).

Warga yang tidak ingin namanya dipublish ini mengaku gedung pasar tersebut telah dibangun selama bertahun-tahun, tapi tidak difungsikan sehingga seluruh materialnya menjadi lapuk dan berada di tengah hutan. Kemudian, saat ini Pemkab kembali melakukan renovasi, namun belum juga difungsikan.

"Saya dengar rencana pemerintah bahwa disitu akan dijadikan terminal juga untuk persinggahan angkutan dari Timika ke Poumako (PP), tapi kenapa belum terealisasi?," katanya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy